Makanan Bayi 6 Bulan Untuk Kecerdasan Otak

Di usia 0 -6 bulan, bayi disarankan untuk mengkonsumsi ASI atau susu Formula. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa bayi yang berumur 4 – 6 bulan sudah boleh diberikan makanan. Bagi bayi yang berumur 4 bulan  dianjurkan diberi makan dan juga minum Air Susu Ibu (IBU). ASI ini di dalamnya mengandung nutrisi salah satunya Vitamin, Protein, Lemak, dan Antibodi. Dengan mengkonsumsi  ASI maka bayi akan terlindung dari serangan – serangan bakteri dan juga virus yang dapat menimbulkan penyakit.

Bagi setiap orang tua ini pasti ingin anaknya memiliki tubuh yang sehat dan mempunyai otak yang cerdas. Para ahli nutrisi juga menganjurkan agar orang tua memilih jenis makanan yang mengandung gizi agar dapat meningkatkan perkembangan otak anaknya. Mengkonsumsi makanan bergizi ini sangat dianjurkan untuk bayi yang berusia 6 Bulan. Pada saat sekarang ini banyak makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi, antara lain sebagai berikut:

Yoghurt

Bagi orang tua pasti tidak asing lagi dengan makanan bayi yang satu ini. Makanan memang sangat terpopuler dan banyak disukai oleh seluruh dunia. Yoghurt ini di dalamnya mengandung gizi yang sangat banyak seperti Kalsium, Protein dan juga lemak. Makanan yoghurt ini dapat membantu untuk perkembangan sel-sel otak bayi. Selain out juga, kandungan yang terdapat di dalam yoghurt ini mengandung probiotik, sehingga bisa membantu untuk membangun Microbiome yang kuat.

Alpukat

Pernahkan kalian memberi Alpukat kepada bayi anda ? Pasti sebagian orang tua sangat jarang sekali bahkan tidak pernah memberikan makanan Alpukat untuk anaknya. Alpukat ini termasuk buah – buahan yang kaya akan gizi seperti lemak, vitamin hingga mineral. Buah Alpukat ini bukan hanya berkontribusi dengan lemak saja, akan tetapi, buah ini juga bisa membantu untuk perkembangan otak bayi.

Sereal Gandum

Makanan ini sangat baik untuk kecerdasan otak bayi yang berusia 6 bulan. Sereal Gandum ini juga bisa dicampurkan ASI, Yoghurt maupun buah – buahan serta sayuran. Sereal Gandum ini sangat baik untuk kebutuhan gizi bayi.

Telur

Telur ini termasuk makanan yang sangat mudah untuk didapatkan dan juga murah. Akan tetapi, banyak yang belum sadar bahwa telur ini dapat menjadikan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membantu kecerdasan otak bayi. Telur ini mengandung protein dan juga Vitamin, sehingga sangat cocok untuk perkembangan otak bayi.

Bubur Beras

Bubur beras ketan maupun beras merah ini sangat baik untuk kecerdasan bayi. Membuat bubur ini bisa juga dengan cara mencampurkan irisan bawang, seledri, maupun daging ayam. Sehingga bubur beras ini mempunyai kandungan gizi yang beragam.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau ini sangat baik dan cocok untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi. Karena sayur ini mengandung vitamin, Mineral, dan juga Antioksidan. Antioksidan ini sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan pada bayi. Sayuran yang sangat bagus untuk makanan bayi yaitu bayam, Karena sayur bayam ini mengandung zat besi supaya bayi tidak kekurangan gizi. Selain bayam, yaitu sayur wortel, kubis dan Brokoli.

Ikan Salmon

Untuk meningkatkan perkembangan otak bayi pasti memerlukan makanan yang mengandung gizi dan Omega 3. Maka dari itu, Salmon ini mengandung DHA dan sangat cocok sekali dikonsumsi bayi usia 6 Bulan untuk perkembangan otaknya.

Buah Apel

Buah Apel ini sangat cocok untuk bayi. Selain rasanya manis di dalamnya juga mengandung gizi. Selain bergizi Buah Apel ini mengandung Quercetin. Quercetin ini dapat membantu perkembangan dan kecerdasan otak bayi.(Ririn)

Leave a Comment