Cara Menyapih dengan Metode WWL

Cara Menyapih dengan Metode WWL – Cara menyapih adalah salah satu kerja yang membutuhkan kerja keras, dengan teknik gentle atau disebut dengan weaning with love “ WWL”  hal ini dapat membantu anda untuk menyapih tanpa harus mengabaikan kebutuhan anak untuk bisa lebih dekat dengan ibunya.

Ada banyak cara yang telah dilakukan dengan cara turun menurun yang telah dilakukan agar bisa terlepas dari namanya ASI, namun hal tersebut kebanyakan membuat anak menjadi trauma dan merenggangkan hubungan ibu dengan anak. Dan cobalah trik WWL yaitu weaning with love untuk membantu sang ibu untuk menyapih anak dengan cara yang terbaik.

Larangan saat menyapih

Dalam melakukan cara menyapih anak dari ASI, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan seperti berikut ini:

  1. Jangan lakukan menyapih dengan mengabaikan sang anak, dikarenakan hal tersebut bisa menjadi dampak yang berisiko dan bisa membuat anak menjadi trauma, jika ibu ingin keluar dan meninggalkan bayi, di usahakan memompa ASI agar suplai tersebut selalu tersedia.
  2. Mengoleskan sesuatu yang tidak mengenakkan dan diletakkan ke area payudara. Hal tersebut sering dilakukan oleh para ibu, dikarenakan agar bayi tersebut tidak mau lagi menyusui. Namun hal tersebut adalah tips terbaik bagi sang ibu tetapi tidak dengan sebaliknya hal ini bisa menghancurkan kepercayaan anak terhadap sang ibu, dan kemungkinan tidak berhasil juga tinggi.
  3. Membiarkan anak menangis dengan sesaat dengan meminta ASI, di saat tidak ada seorang pun yang bisa menenangkan saat bayi menangis, anak akan kehilangan kepercayaan terhadap orang tuanya yang selama ini telah memberinya rasa nyaman dan aman.

Menyapih pada anak memang bukanlah hal yang mudah yang akan dilakukan, sang iu perlu trik dan strategi yang baik untuk bayi agar bayi tidak trauma dan agar bisa menyapih pada anak. Tanpa ada bisa membuat bayi trauma dan kehilangan kepercayaan kepada orang tuannya.

 

Cara menyapih dengan metode wwl

Berikut ini adalah cara menyapih dengan metode wwl:

  1. Tidak menolak, dan tidak juga menawari ASI pada anak

Metode ini telah dilakukan dengan cara tidak menawari ASI pada bayi dan juga tidak menolaknya saat bayi tersebut ingin menyusui. Metode ini lebih lambat dibandingkan dengan metode menyapih kepada anak yang lain, jika anda ingin mengutamakan kebutuhan anak, maka cara tersebut bisa dilakukan dan tidak ada efek yang berbahaya untuk anak.

Bagi anda yang ingin lebih berhasil melakukan menyapih pada anak dalam waktu yang sangat cepat, cara ini kemungkinan tidak berhasil, karena dengan trik ini menunggu anak tersebut benar-benar ingin berhenti menyusui.

  1. Mengalihkan perhatian, atau memberi pengganti dari ASI.

Sebelum anak ingin berhenti menyusui, alihkan rasa perhatiannya dengan permainan yang anak sukai, mengajak anak bermain dan jalan-jalan di taman dekat rumah, dan memberi anak tersebut cemilan yang sehat dan tentunya yang di sukai oleh anak.

  1. Mengurangi waktu menyusui ASI

Jika menyusui dengan waktu lima kali sehari, lakukan pengurangan waktu ASI dengan cara tercepat untuk menyapih anak, dan juga bisa mengurangi durasi menyusui anak, yang biasanya menyusui 30 menit kurangi dengan 15 menit.

  1. Mengubah jadwal rutinitas

Bila anak lebih cenderung lebih sering menyusui saat sang ibu sedang berada di rumah, usahakan sang ibu mengajak anak keluar rumah. Karena anak lebih suka menyusui di dalam rumah dari pada di luar rumah.

  1. Penundaan

Saat anak meminta ingin menyusui, sebaiknya untuk mengatakan nanti dikarenakan hal tersebut untuk mengajar anak untuk menunggu dan lama kelamaan menjadi lupa.(Nanda)

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment