Buah Untuk MPASI Pertama

Ketika mendapatkan ASI yang ekslusif selama 6 bulan penuh, pada sistem pencernaan si kecil membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan mencerna berbagai makanan berat di perutnya.  Oleh sebab itu sangat wajar sang ibu banyak mempertimbangkan banyak asupan si kecil dengan cara memilih bahan makanan yaitu MPASI pertama si kecil.

 

Ada yang berpendapat bahwa pemberian dari MPASI pertama dengan mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu. Dan ada juga memilih sereal dan sayuran yang akan di dahulukan. Ibu tidak perlu cemas untuk memilih pendapat yang mana asupan terbaik untuk si kecil, yang penting ibu harus memilih makanan yang segar dan terutama MPASI yang baik untuk si kecil.

 

Terdapatnya pendapat dari beberapa ahli gizi bahwa mengkonsumsi buah mempunyai manfaat yang bagus untuk si kecil, hanya saja buahan tersebut sebaiknya kenalkan buah yang memiliki tekstur lembut dan bisa di haluskan terlebih dahulu. Seperti mengolah buah-buahan tersebut menjadi MPASI pertama untuk si kecil.

 

Berikut ini adalah buah-buahan untuk MPASI pertama yang bagus untuk di konsumsi si kecil:

  1. Pisang

Kandungan yang terdapat dari pisang yaitu fostur, kalium, asam folat dan ada juga terdapat vitamin A yang baik untuk kesehatan si kecil. Penyajian dari pisang tersebut ada pada tahap pengenalan MPASI yaitu cukup dengan mengeruk daging buah pisang hingga menjadi lembut, setelah itu sajikan pada si kecil. Pisang tersebut juga dapat di campurkan dengan campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa sehingga membuat bayi tersebut tidak bosan untuk mengkonsumsinya.

 

  1. Pepaya

Kandungan dari buah pepaya ini mempunyai kandungan seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga terdapat kandungan vitamin A yang  baik untuk si kecil. Sang ibu bisa memperkenalkan buah pepaya dengan cara mengeruk daging pepaya sehingga menjadi lembut, lalu diberikan kepada si kecil.

 

  1. Jeruk

Sang ibu tidak perlu cemas dengan rasa jeruk yang masam, karena kandungan dari jeruk tersebut mempunyai gizi yang sangat bagus yaitu kalsium, vitamin C, vitamin A, dan ada juga serat dari asam folat yang sangat baik untuk kesehatan si kecil.

 

Ibu bisa memilih jeruk yang rasanya manis. Cara penyajiannya yaitu belahkan jeruk tersebut dan peras airnya, berikan perasan tersebut kepada bayi. Karena jika tidak di peras jeruk tersebut bisa membuat perut si kecil tidak bisa dicerna dengan baik.

 

  1. Tomat

Buah tomat adalah satu MPASI pertama yang terbaik untuk si kecil, dengan kandungan yang telah dimilikinya yaitu kalsium, natrium, serat, magnesium, asam folat, dan ada juga terdapat kandungan dari vitamin A. Ibu bisa mencampurkan tomat dengan bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda.

 

 

  1. Pir

Kandungan dari buah pir yaitu fosfor, kalsium, dan ada juga terdapat kandungan dari vitamin C. Yaitu kandungan tersebut bagus untuk kesehatan sang kecil. Cara penyajiannya yaitu potong kecil-kecil buah dan kukus hingga lembut. Dan jadikan buah tersebut sebagai finger food untuk si kecil.

 

  1. Apel

Terdapat kandungan dari buah apel yaitu kandungan gizi seperti kalsium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vita min C, dan cara pembuatannya adalah kupas buah dan potong berbentuk dadu, setelah itu kukus hingga lunak. Dan lumatkan buah tersebut dengan menggunakan sendok dan blender. Sajikan berbentuk pure dan bisa campurkan dengan bubur.

 

Nah, dari ke- 6 Buah Untuk MPASI Pertama diatas menjelaskan bahwa buah-buahan tersebut memiliki kandungan yang sangat bagus untuk si kecil, semoga artikel diatas membantu sang ibu untuk membuat MPASI pertama untuk si kecil.(Nanda)

 

 

 

About The Author

Reply