Cara Membuat Mpasi Wortel

Bayi yang berumur 0 – 6 bulan biasanya diberikan ASI. Akan tetapi, jika telah memasuki usia 6 bulan seorang ibu telah memberikan makanan seperti bubur kepada bayinya. Karena bayi yang sudah  memasuki usia 6 bulan, itu lah waktu yang sangat  tepat sekali bagi ibu untuk memberi anaknya makan dan mengenalkan berbagai jenis makanan –makanan lain selain ASI. Hal tersebut akan sangat penting apabila kita mengingat kebutuhan nutrisi bayi yang bertambah usia. Maka dari itu, seorang ibu harus mencari asupan makanan sebagai pendamping ASI (MPASI). Akan tetapi, masih banyak ibu yang masih memberikan ASI tanpa memberikan makanan tambahan pada bayinya sejak bayinya berusia 6 bulan. Karena rasa cemas dan takut, maka dari itulah sebagian orang tua takut memberikan makanan kepada anaknya. Karena sebagian berpendapat bahwa dengan memberikan MPASI wortel kepada anak akan berdampak pada bayi dikarenakan MPASI tersebut mengandung nitrat yang tinggi. Para ahli mengatakan bahwa wortel ini baik dikonsumsi oleh bayi diatas 3 bulan. Jika masih juga ragu tentang nitrat yang terkandung di dalam wortel ini, sebaiknya bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak.

Pada usia 6 bulan sudah dianjurkan untuk memberikan asupan makanan selain ASI. Oleh karena itu, sebagai ibu seharusnya mulai untuk melatih anak agar mengenal MPASI sejak usia 4 – 6 bulan.  Sebagai makanan pertama, ibu juga boleh memberikan bubur dan ditambahkan dengan sedikit sayuran seperti Wortel, bayam dan lain sebagainya. Karena di dalam sayuran itu mengandung protein dan karbohidrat sehingga akan berpengaruh dengan otak anak.

Biasanya sayur yang sangat baik untuk kesehatan bayi  yaitu sayur wortel. Sayur wortel ini memiliki kandungan serat, Vitamin C, dan juga zat besi. Selain itu, wortel ini juga mengandung Beta Karoten yang bersifat Antioksidan dan juga Vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata dan kulit, serta pertumbuhan dan juga untuk melindungi anak dari infeksi.

Oleh karena itu, jangan khawatir untuk menjadikan sayur wortel ini sebagai salah satu MPASI pada bayi. Dengan memberikan makanan tambahan pada anak usia 6 bulan hingga 9 bulan, hal itu akan membuat si anak tersebut akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh si bayi. Cara membuat MPASI wortel ini tidak terlalu sulit. Berikut ini resep dan cara membuat MPASI Wortel, antara lain :

Bahan

  • 350 gr sayur wortel atau 2 biji
  • Air secukupnya

Cara membuat MPASI Wortel

  • Kupaslah terlebih dahulu wortel tersebut sampai benar –benar bersih
  • Setelah itu, cucilah wortel dengan bersih
  • lalu potonglah sayur wortel itu kecil – kecil
  • kemudian kukus lah wortel yang sudah dibersihkan tersebut dan dipotong dengan panci untuk mengukus dengan air yang sudah mendidih. Boleh juga wortel tersebut direbus dengan air yang mendidih
  • Biarkan selama 10 hingga 15 menit agar wortel tersebut benar – benar lembut
  • Setelah itu masukkan wortel tersebut kedalam blender, tambahkan sedikit air dan biarlah hingga benar – benar halus.
  • Kemudian sajikan lah yang masih hangat dan sisanya boleh dibekukan kedalam kulkas atau pun freezer

Itulah cara – cara dan resep untuk membuat MPASI wortel. Bahan dan cara pembuatannya cukup sangat mudah.

About The Author

Reply