Resep MPASI Sayur Bayam

Home » Resep MPASI Sayur Bayam

Resep MPASI Sayur Bayam – Bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan nutrisi dan gizinya, dan telah di akui oleh banyak orang di Dunia maupun di Indonesia. Mulai dari usia tua maupun muda bahkan untuk usia 5 tahun juga menyukai sayuran ini untuk di konsumsi setiap harinya. Dengan mengikuti zaman yang sekarang ini, sayur bayam telah diolah dengan berbagai macam sajian dan tentunya memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Dan disertai fungsi dan khasiat yang banyak.

Bayam ini juga bisa dijadikan MPASI atau pure untuk bayi, semasa MPASI alangkah baiknya berikan bayi makanan yang tinggi kalsiumnya salah satunya sayur bayam. Karena bayam adalah jenis sayuran sehat dan baik untuk bayi.

Resep MPASI atau pure sayur bayam

Berikut ini adalah resep MPASI atau pure sayur bayam yang bisa dibuat sendiri di rumah:

  1. Pilihlah bahan yang terbaik, bayam yang masih segar

Untuk menyajikan MPASI bayam yang bagus, ibu harus teliti dalam memilih bayam yang berkualitas mutunya. Membeli bayam yang masih segar, tidak layu, warnanya hijau gelap dan tidak ada noda-noda kotoran di bayam. Agar ibu tidak khawatir dalam memilih bayam yang mengandung pestisida, ibu harus memilih bayam organik. Karena bayam organik harganya bisa di bilang mahal dari biasanya. Namun bayam tersebut dipastikan sehat untuk bayi.

Selain memiliki kandungan kalsium, bayam juga kaya akan antioksidan sehingga bayam tersebut cocok menjadi bahan MPASI untuk bayi yang berusia 8-10 bulan.

 

  1. Cuci bayam hingga bersih

Tahapan yang kedua. Sebelumnya anda ingin mengolah bayam menjadi MPASI yang lezat, cuci bersih bayam tersebut sehingga tidak ada kotoran yang menempel, setelah itu pisahkan daun bayam satu persatu dengan teliti agar tidak ada satupun kotoran yang masih tersisa di daun bayam. Jika anda ingin mengelola pure MPASI bayam, anda hanya membutuhkan daunnya saja.

  1. Rebus bayam hingga lunak

Tahapan yang ke tiga. Selanjutnya ibu mengolah MPASI berikutnya yaitu merebus bayam hingga lunak. Waktu yang di butuhkan untuk merebus bayam hanya 5 menit, jika bayam tersebut sudah lunak rendam bayam tersebut menggunakan air dingin dan cuci bersih hingga bisa cepat diolah dan menjadi pure atau MPASI.

 

  1. Membuat pure bayam

Tahapan yang ke empat. Bayam yang sudah didinginkan siap untuk diolah dan bisa menjadi resep dari MPASI yang mirip seperti pure. Masukkan bayam yang sudah direbus kedalam blander, tambahkan sedikit air ke dalam blander agar bayar tersebut mudah di haluskan secara merata, ibu bisa juga menabahkan sedikit ASI sekitar 1 atau 2 sendok kedalam bayam yang sudah dihaluskan.

 

  1. Sajikan MPASI kepada bayi

Selanjutnya tahap bagian akhir, menyajikan MPASI kepada bayi seperti sayuran bayam yang akan di berikan kepada bayi. Sayur bayam adalah jenis sayuran yang bisa diolah atau di campur dengan makanan jenis apapun, adapun terdapat jenis sayuran yang bisa dicampur menjadi MPASI yaitu wortel, ubi jalar, ikan, salmon, ayam dan lain-lainnya. Jadi jika si kecil mulai merasa bosan dengan MPASI bayam saja ibu lebih baik mencoba mengolah bayam dengan campuran lainnya.

 

Nah, dari artikel di atas menyediakan resep pembuatan MPASI bayi yang berupa pure. Khususnya sayuran bayam yang mempunyai berbagai khasiat yang bagus untuk si bayi, semoga artikel di atas bisa membantu ibu untuk membuat MPASI untuk si kecil. Selamat bereksperimen di rumah ya MOMS.(Nanda)

Scroll to Top