Sayuran Yang Harus Dihindari  Ibu Hamil

Pada saat sedang hamil, sebaiknya Ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung nutrisi. Makanan yang mengandung nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, daging maupun ikan agar kandungannya tetap sehat.  Akan tetapi, tidak semua buah-buahan atau pun sayuran akan baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengetahui terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sayuran yang tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Sayuran yang harus di hindari ibu hamil yaitu, sebagai berikut :

Sayur Nangka Muda

Nangka muda ini termasuk jenis sayuran yang banyak sekali digunakan orang-orang untuk dibuat sayur. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui bahwa sayur nangka ini tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena sayur nangka ini bisa menggugurkan kandungan atau pun mengeluarkan tanda-tanda keguguran.

Daun Pepaya

Sayur papaya merupakan salah satu  menu makanan yang banyak disukai oleh orang dan juga ibu hamil. Akan tetapi, sayur ini sangat berbahaya sekali jika di konsumsi ibu hamil. Maka dari itu, jika sedang hamil sebaiknya hindarilah sayur daun pepaya ini karena akan berdampak negative bagi Ibu hamil.

Kecambah

Kecambah ini juga termasuk sayur yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Karena sayur ini dapat membuat ibu yang sedang hamil merasa kembung bahkan mengeluarkan flek saat hamil.

Sayur Kubis

Sayur kubis merupakan salah satu sayur yang dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Sayur kubis ini dapat memicu produksi gas di dalam tubuh, sehingga membuat perut ibu hamil merasa sedikit keram maupun keras.

Sayur Sawi Putih

Sawi putih adalah salah satu sayuran yang berbahaya bagi ibu hamil. Apabila sedang hamil sebaiknya hindari sayur sawi putih ini.

Lalapan atau Sayur Mentah

Pada saat sedang hamil sebaiknya harus menghindari mengkonsumsi sayur yang mentah. Karena sayur ini sudah pasti mengandung kotoran di dalamnya. Sayur yang mentah akan berbahaya sekali bagi ibu yang sedang hamil. Maka dari itu, hindarilah sayur mentah atau lalapan.

Daun Melinjo

Daun melinjo ini merupakan jenis sayuran tradisional yang sering dikonsumsi oleh orang-orang. Akan tetapi, sayur ini tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Karena akan menyebabkan penumpukan asam urat yang begitu cepat. Daun Melinjo ini mengandung senyawa gnetum yang dapat menimbulkan Kristal dalam asam urat. Apabila asam urat cukup tinggi selama hamil, maka akan berpengaruh pada janin.

Pare

Pare termasuk salah satu sayuran yang mempunyai cita rasa yang sangat pahit. Pare ini mengandung vitamin yang cukup lengkap. Walaupun lengkap, pare ini tidak baik untuk di konsumsi ibu Hamil. Karena, pare ini di dalamnya mengandung senyawa kina yang dapat menimbulkan kontraksi dan juga penyusutan ukuran rahim. Dengan mengkonsumsi pare yang berlebihan akan menyebabkan kelahiran premature.

Petai

Petai termasuk salah satu makanan yang banyak di sukai oleh orang-orang. Petai ini mempunyai aroma yang cukup kuat sehingga dapat membuat bau mulut. Petai ini juga mengandung Kalsium, zat besi, fosfor, kalium dan vitamin. Akan tetapi, petai ini dapat membuat produksi air liur berlebihan sehingga akan berdampak buruk bagi ibu hamil.

Pakis

Pakis ini sangat tidak baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, masih banyak ibu hamil yang mengkonsumsi sayur pakis ini. Pakis ini memang di dalamnya mengandung kalsium, vitamin C, zat besi dan Kalium. Tapi, jika di konsumsi ibu hamil, maka ibu hamil akan keracunan.

Terong

Terong ini mengandung serat yang cukup tinggi dan dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil. Akan tetapi, terong ini juga akan berdampak buruk pada rahim ibu hamil. Karena terong ini juga mengandung senyawa sehingga dapat mendorong penyusutan rahim dan juga kontraksi dini. Maka hal itulah, akan membuat ibu hamil keguguran.

Itulah jenis-jenis sayuran yang tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil. Jika anda sedang hamil sebaiknya meghindari sayur-sayuran tersebut. Karena tidak semua sayur akan baik untuk di konsumsi jika sedang hamil. Ibu-ibu harus menngetahui terlebih dahulu sayur yang baik maupun tidak baik untuk di konsumsi.(Ririn)

About The Author

Reply