Sayuran Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Sayuran adalah kandungan yang kaya akan serat dan vitamin, begitu juga untuk ibu hamil yang sangat membutuhkan sayuran selama masa kandungan. Tidak semua jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh di konsumsi karena bisa membahayakan si kecil. Sayuran yang baik untuk ibu hamil yaitu seperti kangkung, kacang, bayam dan lainnya.

Sayuran yang baik untuk kesehatan ibu dan sikecil banyak sekali jenis sayurannya, yang dimulai dari zat besi hingga mengandung asam folat. Ada berbagai macam vitamin yang terdapat dari sayuran, oleh sebab itu ibu hamil harus mengetahui apa saja jenis sayuran yang baik untuk di konsumsi.

Berikut ini adalah jenis sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil:

  1. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang, bahkan sudah akrab sekali dengan lidah. Sayuran ini ternyata juga memiliki efek samping ketika sesudah memakannya anda akan merasa mengantuk. Kandungan dari sayu kangkung ini merupakan kandungan yang mengandung zat yang disebut dengan zinc dan selenium, dan mempunyai unsur sedatif yang bisa membuat syaraf menjadi tenang dan enjoy, jika kangkung ini dikonsumsi dengan teratur bisa mencegah anda dari insomnia.

 

  1. Kacang kacangan

Kacang kacangan ini adalah salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil, jenis sayuran ini mempunyai kandungan nabati yang cukup tinggi khasiatnya. Ada berbagai macam kacang-kacangan salah satunya seperti buncis, buncis adalah jenis sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil karena buncis mengandung kalsium dan folat yang tinggi khasiatnya.

 

  1. Kol, kembang kol

Sayuran ini sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil, karena khasiat dari bunga kol ini memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil dan janinnya.

 

  1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya akan vitaminnya, dan tentunya sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Vitamin yang di miliki bayam ini yaitu Vitamin A , C, k dan juga mempunyai kandungan asam folat yang baik untuk janin sang ibu.

 

  1. Brokoli

Sayuran ini sama juga dengan kandungan dari sayur bayam, yang mempunyai kandungan vitamin yang bagus dan tentunya baik untuk janin.

 

  1. Jagung

Sebelum mengkonsumsi jagung ini alangkah baiknya merebusnya terlebih dahulu, dan juga bisa di olah menjadi sayuran atau dikombinasikan dengan sayur bayam yang akan dijadikan sayur bening. Tidak hanya memiliki cita rasa yang manis gizinya pun tinggi khasiatnya.

 

  1. Terong ungu

Terong ungu ini mempunyai kandungan asam folat yang tiggi, tidak hanya asam folat terong ungu ini juga mengandung zat besi, kalori, VitaminB1,  B2, dan Vitamin C.

 

  1. Daun singkong

Daun singkong adalah jenis sayuran yang kaya akan zat besinya, dan juga memiliki zat antioksidan serta berfungsi sebagai menangkal radikal bebas.

 

  1. Wortel

Sayuran ini juga mengandung Vitamin A dan baik untuk perkembangan si kecil di dalam kandungan.

 

  1. Daun katuk

Daun katuk ini adalah satunya sayuran yang bisa membantu sang ibu untuk melancarkan ASI.

 

Nah, dari ke 10 artikel di atas menjelaskan bahwa sayuran itu mempunyai segudang manfaat dan vitaminnya, dan sayuran ini sangat  dianjurkan untuk ibu hamil, dan membantu janin di dalam agar tetap sehat. Semoga dari beberapa jenis sayur di atas bisa ibu jadikan pilihan untuk sehari-hari. (Nanda)

Leave a Comment