Mengatasi Bayi Cegukan Dan Gumoh

Cegukan  atau di sebut dengan gumoh biasanya sering dialami oleh orang dewasa, begitu juga dengan bayi. Pada umumnya tidak akan terpengaruh oleh timbulnya cegukan pada dirinya. Akan tetapi, jika bayi mengalami cegukan tentunya akan bisa mengganggu bayi ketika sedang tidur. Cegukan atau gumoh memiliki dampak yang buruk terutama pada pernapasan atau kesehatan bayi, dan masih dikatakan dengan normal.

Terdapat berbagai cara yang bisa menghilangkan cegukan atau gumoh pada bayi yang biasanya dilakukan pada orang tua.

Berikut ini adalah cara mengatasi bayi cegukan dan gumoh:

  1. Dipeluk

Cara mengatasi cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan cara yang sangat simple dan mudah, yaitu. Cukup dengan memeluk bayi karena jika anda memeluk bayi bisa membuatnya lebih tenang dan tentunya lebih rileks, sehingga cegukan tersebut akan beragsur menghilang.

Seain menghilangkan rasa cegukan pada bayi, memeluk bayi adalah salah satu cara yang penting untuk menumbuhkan rasa kasih sayang pada bayi dan akan membuat nya merasa senang dan bahagia.

 

  1. Menepuk punggung bayi dengan halus

Cara mengatasi cegukan pada bayi juga bisa melakukan dengan metode Menepuk punggung bayi dengan halus, cara ini harus dilakukan dengan cara menggendongnya. Yaitu  gendong bayi dengan posisi berdiri dan kepalanya kurang lebih diletakkan pada pundak ibu.

Jika cegukan pada bayi masih saja berkelanjutan, sebaiknya hentikan sejenak lalu tidak boleh mencoba memberinya ASI karena akan menyebabkan bayi tersedak.

 

  1. Jangan berhenti mengawasi bayi ketika sedang menyusui

Sang ibu sebaiknya tidak lalai sedikitpun ketika sedang menyusui, selain itu untuk benar-banar memastikan posisi tidak berganti dengan posisi yang salah. Sang ibu juga harus memerhatikan ritme bayi ketika sedang menyusui. Pastikan agar tidak terburu-buru ketika menyusui.

Terkadang menyusui dengan terlalu bersemangat bisa meningkatkan rasa kemungkinan cegukan pada bayi, oleh sebab itu ibu harus memperhatikan bayi tenang ketika sedang menyusui.

 

  1. Berikan makanan secara perlahan

Cara ini biasanya bisa dikatakan sebagai langkah pencegahan dan juga bisa diterakan pada bayi yang berumur 6 bulan, dan sudah dimulai dengan mengkonsumsi MPASI. Maka dari itu cobalah Berikan makanan pada bayi secara perlahan agar terhindar dari namanya cegukan dan gumoh.

 

  1. Bawa bayi ke tempat yang hangat

Cara mengatasi cegukan atau gumoh pada bayi selanjutnya yaitu, dengan membawanya ke tempat yang lebih hangat. Hal in juga menyebabkan pada bayi karena suhu yang terasa lebih dingin.

 

  1. Berikan sesuatu yang bisa dihisap

Cara mengatasi cegukan selanjutnya adalah memberikan sesuatu benda yang bisa dihisap oleh bayi, seperti empeng, dot, atau juga dengan memberi bayi punting ibu. Karena jika memberikan benda tersebut pada bayi bisa dipercaya isa membantu bayi agar cegukan dan gumoh tersebut akan menghilang.

 

Jika cegukan yang dialami sang bayi bisa menyebabkan gejala seperti rewel hingga mengeluarkan muntah yang tidak kunjung berhenti, dan sebaiknya konsultasi ke dokter agar gejala tersebut tidak berkelanjutan.

 

Jika bayi menangis terlalu keras sebaiknya tidak memberikan bayi ASI, akan lebih baik untuk menenangkannya terlebih dahulu agar tangisannya mereda. Dan perhatikan juga jam makan dan menyusu bayi, agar bayi tidak terlambat dan terlalu lapar atau rewel. Nah, dari cara mengatasi bayi cegukan dan gumoh pada bayi. Artikel diatas menjelaskan berbagai macam cara agar cegukan bayi hilang, semoga bermanfaat dan membantu ibu menenangkan si kecil.(Nanda)

 

 

 

About The Author

Reply