menangis saat di sapih

Tips Anak Cepat Jalan

Diposting pada

Tips Anak Cepat JalanRata-rata si kecil akan mulai bisa berdiri pada saat usianya mulai dari 9 sampai 12 bulan. Bayi akan melakukan dengan cara bertumpuan pada benda maupun manusia yang ditemuinya saat berada di sekitar ataupun sekelilingnya agar bayi akan dapat berdiri atau menggerakkan kakinya dengan perlahan saat bayi sudah menemukan pondasi untuk berpegangan dengan erat. Namun tidak seluruh bayi yang mampu untuk melakukan aksi itu dan langsung melakukan pergerakan untuk langsung berjalan, dan masih banyak juga bayi yang membutuhkan waktu agar mampu untuk melakukan pergerakan berjalan tersebut.

Kita selaku ibu ataupun orang tua dari anak-anak tidak dapat untuk memaksakan anak kita agar bisa berjalan dengan cepat. Namun ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melatih anak agar bisa berjalan dengan cepat namun sebelum kita melakukannya kita harus memastikan terlebih dahulu sesuatu yang dapat menghalangi bayi untuk berlatih berjalan.

Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membantu anak agar bisa berjalan:

  1. Dengan cara titah pada anak.

Kita dapat melakukannya dengan cara membantu atau menolong anak-anak agar bisa berdiri dengan berpegangan pada tangan kita dan pada kedua telapak kakinya bisa menjejak pada tanah. Tumpuan pada kedua tangan dan bantu anak untuk agar bisa melangkahkan atau bergerak maju dan mundur. Untuk tips ini peranan kita selaku keluarga sangatlah penting dan dibutuhkan saat melakukan latihan untuk berjalan. Jika saat melakukan tips titah berjalan anak mengalami terjatuh sampai terduduk biarkan anak untuk berusaha berdiri dengan sendirinya.

 

  1. Carilah tempat yang luas dan nyaman agar anak bisa berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Diambil dari bellamysorganic.com.au, ahli terapi anak pada umumnya menganjurkan untuk anak bertelanjang kaki saat melakukan latihan jalan. Sediakanlah tempat yang nyaman serta aman baginya untuk berlatih nya si kecil agar tidak terjadinya luka saat berjalan dengan keadaan kaki tanpa alas. Dengan membiarkan si kecil berjalan dengan lanjang kaki tanpa alas, si kecil akan dapat dengan mudah menyeimbangkan tubuh serta memakai otot dan sendi-sendi agar mampu berlatih dengan mudah.

 

  1. Percobaan anak untuk berjongkok

Untuk latihan berjalan anak akan mudah memulainya dengan cara berjongkok terlebih dahulu, karena dengan cara berjongkok sangat mudah membantu anak untuk menguatkan jalan dan tubuhnya saat latihan. Kita dapat melakukan percobaan pada anak untuk berjongkok. Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan meletakkan mainan anak di lantai yang lebih rendah dari dia berdiri, sehingga dapat memancingnya agar berjongkok untuk meraih atau mengapai mainannya dengan cara berjongkok untuk mengambilnya yang ada di bawahnya. Dan saat ia melakukan pergerakan untuk berdiri serta berjongkok mampu untuk mengokohkan otot-otot pada tulang pinggul serta paha.

 

  1. Menggunakan musik

Anak kecil amat sangat menyukai musik dan ia dapat menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang didengarnya. Dengan menggunakan musik kita dapat memancing anak untuk menggerakan tubuhnya sesuai dengan iringan musik yang didengarnya. Dengan adanya musik si kecil akan lebih bersemangat dan bergembira karena mendengarkan alunan musik yang didengarnya dan si kecil akan dengan mudah untuk menggerakan organ tubuhnya dengan adanya iringan musik yang di dengar.

 

  1. Berikan si kecil perhatian dengan respon dan reaksi yang dapat memancingnya untuk berlatih.

Pada saat si kecil mulai melakukan pergerakan dengan cara berdiri dari tempat awalnya, yang bisa kita lakukan agar ia biasa semangat untuk melakukan aksinya adalah dengan cara beri ia semangat bertepuk tangan dan memanggil namanya serta dengan senyuman yang tulus agar ia dapat terpancing lebih giat lagi untuk melakukan latihannya hal tersebut adalah cara yang sederhana yang mampu kita lakukan untuk menyemangati nya. Dengan cara memberikan reaksi serta respon tersebut, anak dapat mempunyai energi untuk ia semangat lebih jauh lagi agar si kecil terus melangkah dan berjalan. Ketika si kecil mendapatkan dukungan serta motivasi dari orang yang ada di sekitarnya, si kecil akan lebih merasa terpacu lagi untuk dapat berjalan.

 

  1. Letakkan mainannya di tempat yang lebih tinggi

Kita dapat meletakkan mainannya di atas meja atau tempat yang lebih tinggi, yang dapat mendorong keinginannya untuk harus berdiri agar dapat memegang dan mengambilnya. Si kecil akan dapat lebih bebas lagi untuk mengeksplorasi area yang ada di sekitarnya dengan cara menyenangkan baginya.

 

  1. Bawalah si kecil pada bayi yang lain yang sudah bisa berjalan

Coba luangkan waktu untuk si kecil bermain dengan anak yang sama dengannya namun yang sudah bisa berjalan. Dengan cara tersebut maka si kecil akan lebih merasa terpacu dan termotivasi lagi untuk berjalan saat melihat teman nya yang sudah dapat berjalan.

Dan selain melakukan tips yang diatas hal yang penting yang harus kita lakukan adalah dengan cara bersabar dan terus mendampingi si kecil untuk terus berlatih berjalan. Dan kita tidak boleh untuk memaksa dan terburu-buru agar si kecil mau berjalan, cukup dilatih dan di dampingi saja agar si kecil dapat berjalan dengan kemauan dan kemampuannya sendiri.(Elfiza)