Tips Anak Lahap Makan

Diposting pada

rambut anakTips Anak Lahap Makan – Anak-anak sering kekurangan nutrisi dapat menyebabkan si kecil lebih rentan terserang penyakit, dan dapat juga mengurangi berat badan secara signifikan jika teruskali sulit disuruh makan karena berbagai alasan, dan ini membuat kita para orang tua seringkali merasa jengkel dan bahkan khawatir saat hal ini terus terjadi. Sebagai orang tua kita harus bisa memperkirakan jumlah kalori anak agar si kecil tidak kekurangan nutrisi, ka menerus terjadi, dan hal yang paling fatal dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan emosional anak.

Jangan sampai nafsu makan anak yang rendah ini menyebabkan tumbuh kembang anak menjadi terganggu.

 

Tips Tingkatkan Nafsu Makan

Ketika anak tidak nafsu makan, bunda jangan langsung panik, karena ada banyak hal yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak, diantaranya:

 

Kenali jenis makanan

Sebagai orang tua, bunda harus mengetahui dan peka terhadap setiap hal yang disukai si kecil, terutama tentang makanan apa yang disukai dan tidak disukai oleh si kecil, karena dengan begitu nanti bunda akan lebih mudah untuk menyesuaikan nutrisi yang dibutuhkan ketika akan membuat variasi makanan untuk si buah hati.

 

Jangan dipaksa

Ketika si buah hati tidak mau makan, mungkin bunda merasa khawatir dan menjadi tidak sabar bahkan kadang malah memarahi anak, dan akhirnya memaksa anak untuk makan, namun tahukah bunda, ketika kita memaksa anak untuk makan mereka akan menghindar dan itu akan membuat nafsu makan anak semakin menurun. Jadi bunda harus bisa mencari cara lain supaya anak mau makan, seperti dengan cara membujuk si kecil atau mengajaknya bermain dalam sesi waktu makannya sehingga setiap tiba momen makan anak menjadi semangat untuk makan.

 

Bervariasi

Bunda harus kreatif dan bisa menyajikan makanan yang bervariasi di setiap waktu makan, karena saat menu makanannya sama setiap makan, anak akan merasa cepat jenuh dan merasa bosan tidak mau menghabiskan makanannya.

 

Menarik

Nah untuk hal ini, bunda harus kreatif, jangan lupa menyajikan makanan dengan tampilan yang lebih menarik, misalnya dengan menghias makanan seperti kartun favoritnya, binatang kesukaannya atau dengan bentuk lain yang si kecil sukai, dengan begitu si kecil akan lebih tertarik untuk makan.

 

Jadwal rutin

Ketika jadwal makan anak terjadwal dengan rutin itu akan membantu memudahkan bunda untuk memberi anak makan, ketika anak tidak mau makan dia sudah terbiasa makan sendiri di waktu yang sudah dijadwalkan.

 

Sehat dan lezat

Ketika si kecil makannya sedikit, bunda jangan khawatir, ada cara lain yang dapat dilakukan agar anak tetap makan, yaitu dengan memberinya jajan atau camilan yang sehat dan lezat, tentunya untuk mengetahui camilan itu sehat atau tidak, lebih baik bunda membuatnya sendiri di rumah. Seperti membuat puding buah atau es buah, jadi anda tahu kandungan dari camilan si kecil sudah pasti bersih dan aman.

 

Sering

Jika anak memang sulit makan, jangan berikan anak makan dalam jumlah dan porsi yang besar, bunda bisa mengatur porsi makan anak lebih kecil atau sedikit namun diberikan lebih sering, daripada memberikan anak makan dengan porsi dan jumlah yang besar itu akan membuat anak cepat merasa bosan dan ketika si kecil merasa bosan biasanya dia akan menolak untuk memakan makanannya.

 

Atur jumlah minum

Ketika makan, jangan biarkan anak minum terlalu banyak, karena hal itu akan membuatnya kembung dan merasa cepat kenyang, sehingga tidak mau menghabiskan makanannya, dan hindari juga memberi anak minuman selain air putih, seperti memberi minum yang manis, karena minuman manis akan membuatnya cepat kembung juga.

 

Nutrisi yang cukup

Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak nutrisi adalah daging, ikan, sayur hijau tua, dan buah-buahan.

 

Konsultasi dengan dokter anak

Dengan konsultasi ke dokter anak, bunda akan mendapat masukan dan bantuan tips untuk meningkatkan minat dan nafsu makan anak.(Nailil)