Tips Anak Susah Minum Obat

Diposting pada

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh Dengan MobilMom Sharing – Hai Moms… kesehatan si buah hati itu penting sekali. Tidak heran jika anak sakit ibunya juga ikutan sedih. Ada beberapa anak yang gampang minum obat dan ada juga beberapa anak sulit untuk minum obat ketika sakit. Rasa panik, bingung dan sedih akan menyelimuti hati Moms. Pastinya di pikiran Moms berpikir bagaimana membuat si kecil mau meminum obat tanpa takut dan rewel. Moms, artikel ini sangat tepat sekali jika anda mempunyai anak yang sulit minum obat ketika sakit.

 

Tips

Ada beberapa tips untuk tipe anak yang sulit minum obat, di antaranya:

 

Wajah yang ceria

Saat memberikan obat raut wajah orang tua jangan terlihat memaksa dan tegang. Hal ini berdampak pada ketakutan kepada anak sehingga membuat anak menjadi panik akan tetapi pasanglah dengan wajah yang ceria agar adanya energi positif yang dapat ditangkap oleh seorang anak.

Selain itu, Moms bisa mengajak melakukan hal-hal yang membuat si kecil menyenangkan sebelum meminum obat. Hal-hal positif yang diberikan memberikan sinyal positif kepada anak sehingga mereka tidak takut lagi saat meminum obat.

 

Menimalisirkan rasa pahit

Rasa pahit adalah rasa yang tidak disukai oleh anak-anak. Untuk menimalisirkan rasa pahit pada obat Moms bisa mencampurkan obat dengan makanan si kecil. Jika obatnya berupa kapsul mos bisa menghancurkan obat tersebut terlebih dahulu menjadi serpihan-serpihan kecil dengan cara menghancurkan obat tersebut. Obat yang telah hancur tadi bisa diletakkan di makanan si kecil seperti bubur, buah-buahan, atau makanan kesukaan si kecil. Jika obatnya berupa sirup, moms bisa langsung memasukkan obat tersebut ke dalam susu, jus, dan lain-lainnya.

 

  1. Bermain dokter-dokteran

Bermain dokter-dokteran dengan si kecil dengan cara berakting menjadi pasien dan dokter merupakan cara yang positif. Disini si kecil sebagai pasien sakit seperti pasien pada umumnya sedangkan Moms sebagai dokter yang nantinya memberikan obat kepada pasien. Moms melakukan pemeriksaan kepada si kecil seperti dokter setelah itu beritahu kepada si kecil harus berakting sesuai dengan perannya agar ia harus meminum obat layaknya sebagai seorang pasien pada umumnya. Di mata si kecil ia hanya bermain dokter-dokteran walaupun meminum obat yang asli. Si kecil menjadi lebih semangat untuk meminum obat karena ia merasa hanya bermain saja.

 

Mengiming-imingi dengan hadiah

Anak-anak sangat senang jika di beri hadiah. Hadiah dapat memotivasi si kecil untuk meminum obat supaya dapat mendapatkan hadiah tersebut. Hal ini dapat mengajarkan kepada si kecil jika ingin mendapatkan sesuatu maka harus melakukan sesuatu pula. Karena jika menginginkan sesuatu harus melakukan usaha terlebih dahulu.

 

Rasa obat

Banyak dari orang tua untuk mengatasi anak yang sulit untuk minum obat dengan mengatakan bahwa obat yang diminum itu enak dan manis. Dalam kenyataannya obat tersebut sangatlah pahit. Ternyata dengan cara yang seperti itu merupakan cara yang salah apalagi moms melakukannya pada anak seusia 3 tahun ke atas. Dengan cara yang seperti itu berdampak si kecil tidak akan mau lagi mau meminum obat.

Lebih baik moms mengatakan yang sejujurnya mengenai obat tersebut dengan cara mengatakan bahwa obat ini memang pahit tetapi itu hanya sebentar saja dan jika ia meminum obat maka tidak lama lagi ia kembali sehat dan dapat bermain kembali. Anak-anak sangatlah suka bermain oleh karena itu berilah pengertian bahwa meminum obat memang pahit tapi rasa pahit itu hanya berlaku beberapa detik saja namun manfaatnya sangat besar dan membuat si kecil sembuh supaya dapat bermain kembali.

Nah… itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk anak yang sulit meminum obat. Moms bisa mengkombinasi beberapa cara sesuai kondisi si kecil.(Yuli)