Manfaat Pemberian MPASI Pada Bayi

Diposting pada

Mom Sharing – WHO (World Health Organization) menjabarkan bahwa ASI tidak lagi dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi saat menginjak usia enam bulan. Karena kandungan gizi dan zat besi yang terdapat pada ASI hanya dapat mencukupi kebutuhan bayi sampai usia bayi enam bulan.

Setelah bayi berusia enam bulan, gizi yang terdapat pada ASI sudah tidak dapat memenuhi dan mencukupi kebutuhan zat gizi pada bayi. Atas dasar inilah si kecil di usia 6 bulan memerlukan asupan berupa MPASI pertama guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Pemberian MPASI digunakan untuk meningkatkan dan dapat melatih kemampuan pada otot oromotor atau otot-otot yang terdapat di mulut serta kemampuan motorik pada bayi. Dan ketika pemberian MPASI ini kemampuan menelan dan mengunyah makanan dapat terlatih.

Berkat pemberian MPASI ini bayi dapat menelan dan mengunyah makanan oleh karena itu bayi mengalami peningkatan pada kemampuan motorik serta terlatih menerima makanan dengan beragam tekstur dan berbagai rasa.

 

Manfaat MPASI

Ada beberapa manfaat dari pemberian MPASI pada bayi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mencegah busung lapar

Dengan memberikan MPASI pada bayi saat berusia genap enam bulan dapat memenuhi kebutuhan si bayi karena pada saat usia itu gizi kurang mencukupi kebutuhan gizi yang terkandung di dalam ASI kurang mencukupi kebutuhan gizi pada bayi.

 

Mengatasi keterlambatan belajar

Pemberian yang cukup kepada bayi akan memberikan efek tumbuh kembang pada bayi terutama tumbuh kembang otak. Jika bayi mengalami tumbuh kembang otak yang cukup maka akan membuat bayi dapat belajar lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi MPASI.

 

Mencegah gangguan pertumbuhan tulang

Semakin bertambahnya usia bayi maka kebutuhan akan gizi juga semakin bertambah. Pada bayi vitamin D, protein dan zat besi sangat diperlukan untuk tumbuh kembang tulang pada bayi. Untuk itu pemberian MPASI sangat cocok sekali untuk peningkatan pertumbuhan tulang pada bayi.

 

Memperbaiki sistem metabolisme

Dengan adanya gizi tambahan oleh MPASI dapat memperbaiki sistem metabolisme yang ada pada tubuh bayi.

 

Merangsang tumbuhnya gigi

Pemberian MPASI dapat melatih bayi dalam hal mengunyah dan menelan. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan pada gigi bayi. Zat gizi yang terkandung dalam MPASI juga dapat membuat pertumbuhan gigi tumbuh di waktu yang normal.

 

Meningkatkan kedekatan ibu dengan anak

Dengan pemberian MPASI ini dapat meningkatkan kedekatan antara ibu dengan bayi. Saat pemberian MPASI ini quality time antara ibu dengan bayi menjadi lebih dekat karena pada saat makan bayi nyaman kepada ibu

 

Membuat suasana anak bayi jadi happy

Ibu bisa memberikan MPASI dengan berbagai macam gaya seperti pura-pura kalau sendok itu adalah pesawat yang akan masuk ke dalam mulut. Serta bisa mengajak bayi sambil bermain ketika memberikan MPASI pada bayi.

 

Mencegah rewel dan tangis

Dengan memberikan MPASI dengan cara bermain, hal ini dapat membuat bayi menjadi happy dan dapat mencegah rewel dan tangis pada bayi.

 

Menambah berat badan bayi

Kebutuhan gizi yang cukup untuk bayi dapat membuat tumbuh kembang dari bayi menjadi lancar dan membuat berat badan pada bayi menjadi bertambah.

 

Membuat anak tumbuh tinggi

Dengan kebutuhan gizi yang dilengkapi oleh MPASI dapat membuat anak tumbuh tinggi. Contoh nya MPASI yang mengandung vitamin D, protein, zat besi dan zat-zat lain-lainnya yang dapat membuat tumbuh kembang bayi lancar dan normal.

Demikian itulah beberapa manfaat MPASI pada bayi yang dapat memberikan pengetahuan kepada ibu. Pemberian MPASI pada bayi begitu penting untuk menambah gizi pada bayi yang sudah berusia enam bulan. Ibu harus berpandai-pandai dalam hal memilih MPASI. Pilihlah MPASI yang memiliki kandungan gizi yang complete dan memiliki rasa yang enak yang menjadi kesukaan si bayi.(Yulianti)