bayi gigi tumbuh nangis

Cara Membuat Anak Agar Terbuka Dengan Ibu

Diposting pada

Mom Sharing – Kalian pasti tidak asing dengan peribahasa “Kasih sayang ibu kepada anaknya itu sepanjang hayat” karena para ibu mencintai anak-anaknya tanpa alasan. Tidak heran para ibu pasti ingin tau kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anaknya. Di mulai dari anak bangun tidur, pergi sekolah, kegiatan di sekolah, hingga pulang sekolah sampai anak tidur kembali. Sebegitu cintanya ibu kepada anak, ibu tidak ingin melewatkan satu moment pun kegiatan anaknya.

Anak yang sedang di fase remaja mengalami pubertas. Tingkat kelabilan dari remaja ini menjadi lebih tinggi. Tidak heran jika banyak ibu yang mengalami ketakutan jika anaknya melewati batas. Komunikasi antara anak dengan ibu sangat penting karena dengan komunikasi ini ibu dapat memantau dan memperhatikan kegiatan dari anak-anaknya. Komunikasi yang dilakukan oleh ibu dan anak dapat berupa curhatan. Baik anak yang terbuka tentang kegiatan yang dilaluinya, orang yang dia suka, teman-temannya yang di sekolah dan hal-hal lainnya.

Namun ada beberapa anak yang tidak terlalu suka terbuka dengan sang ibu. Biasanya anak yang tidak terlalu suka berkomunikasi ialah anak yang memiliki sifat introvert. Selain hal itu ada beberapa faktor lain yang membuat anak tidak mau terbuka dengan sang ibu, seperti kondisi ibu dan anak kurang dekat dan anak yang acuh tidak acuh.

Ibu harus berusaha agar membuat anak selalu terbuka dengan ibunya, seperti:

  1. Ciptakan kondisi yang nyaman saat berkomunikasi dengan anak

Kondisi yang nyaman memberikan efek yang cukup besar terhadap tubuh kembang anak. Karena kondisi yang nyaman membuat sang anak dapat dengan santai berkomunikasi dengan ibu.

  1. Berilah saran jika anak menginginkannya

Kadang ada beberapa anak yang hanya ingin bercerita tanpa menginginkan saran dari teman bicaranya. Anak yang memiliki sifat seperti ini kadang hanya ingin bercerita dengan tujuan supaya sedikit lega akan masalah yang tengah dihadapinya.

  1. Beri nasihat dan jangan memberi kritikan apalagi membentak

Jika anak berbuat kesalahan dan ia mau bercerita dengan ibu, jangan langsung memberi kritikan dan membentaknya. Nanti jika anak telah selesai berbicara baru ibu memberikan nasihat dengan baik-baik. Karena jika ibu langsung menghakiminya berkemungkinan besar anak tidak mau lagi terbuka dengan sang ibu.

  1. Jangan memotong pembicaraan anak

Jika anak sedang bercerita jangan memotong pembicaraannya karena jika hal itu dilakukan maka anak merasa kurang dihargai.

  1. Beri waktu luang berdua dengan anak

Ibu yang bekerja kadang kurang memiliki waktu dengan anaknya, oleh karena itu kadang anak merasa gengsi untuk menghubungi ibu karena takut nanti ibunya terganggu. Untuk hal ini ibu bisa quality time dengan sang anak saat libur atau weekend.

  1. Cari tau apa hobby atau hal yang disukai oleh anak

Ada beberapa anak yang susah sekali diajak untuk terbuka kepada ibunya. Oleh karena itu ibu harus berusaha mencari tau apa hobby dan hal yang disukai oleh sang anak. Bisa jadi dengan ibu yang memiliki pengetahuan akan yang disukai oleh sang anak, anaknya bisa terbuka dengan sang ibu. Misalnya sang anaknya adalah seorang kpopers, ibu bisa mencari tau sedikit dan memancing dengan hal-hal yang berbau kpop tersebut atau dapat juga dilakukan dengan cara menonton bareng drama korea.

Itulah beberapa cara agar membuat anak bisa terbuka dengan ibu. Salah satu hal yang paling penting antara ibu dan anak adalah komunikasi supaya ibu bisa memperhatikan perkembangan dari sang anak.(Yulianti)