anak rewel

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk

Diposting pada

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk  –  Faktor untuk mempengaruhi berat badan bayi yaitu asupan nutrisi seorang ibu ketika menyusui, agar asupan nutrisi tersebut terpenuhi baca penjelasan artikel di bawah ini yang berisikan penjelasan tentang asupan ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat.

Asupan yang utama bagi ibu yang menyusui adalah mengonsumsi makanan sehat yang dilengkapi dengan gizi yang seimbang, ketika mengonsumsi makanan yang bergizi tidak hanya memberi tubuh kita energi, tetapi juga membuat tubuh tetap sehat, sehingga dapat memberikan nutrisi yang sangat cukup bagi yang disusui, sebab nutrisi yang ibu makan yang diperoleh dari makanan akan terkandung di dalam Air Susu Ibu yang akan diberikan kepada bayi.

Makanan yang ibu makan mengandung nutrisi yang akan mempengaruhi berat badan bayi, tetapi tidak ada yang namanya makanan khusus yang dikonsumsi ibu agar bayi menjadi gemuk, yang paling utama hanyalah perhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu sehingga cukup untuk nutrisi si bayi, lagian juga bayi gemuk tidak selalu kondisinya sehat. Ibu yang menyusui disarankan untuk mengonsumsi 2000 kalori perhari.

Jenis makanan

berikut ini terdapat beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu yang menyusui agar kebutuhan nutrisi bayinya terpenuhi;

 

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Ibu yang menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi minimal tiga porsi buah dan sayur perhari. Sebaiknya pilih buah serta sayur yang masih bagus agar memperoleh nutrisi yang masih bagus juga, karena buah dan sayur memiliki nutrisi yang beragam. Contoh buah dan sayurannya yaitu alpukat, wortel, kentang, bayam, brokoli, dan tomat.

 

Protein yang tidak mengandung lemak

Sebaiknya ibu yang menyusui mengonsumsi protein tanpa mengandung lemak tiap hari, seperti daging, ikan, telur, serta tahun dan tempe yang memiliki sumber protein yang nabati.

 

Biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian seperti gandum dan kacang-kacangan juga sangat dianjurkan untuk ibu yang menyusui untuk makanan sehari-harinya.

 

Susu

Selama ibu masih menyusui sebaiknya ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi susu dua gelas dalam sehari, karena susu merupakan asupan yang banyak mengandung nutrisi, seperti kalsium, lemak, dan protein, serta susu juga bisa menambah asupan nutrisi ibu agar terhindar dari nutrisi. Selain susu, keju dan yoghurt sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

 

Vitamin

Setelah melahirkan, sebaiknya ibu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen dalam bentuk vitamin, untuk mengetahui dosis serta jenisnya lebih baik ibu searching serta baca artikel.

Kalsium merupakan zat yang sama dibutuhkan ketika mengandung dengan ketika ibu mulai menyusui, ialah sekitaran 1200 mg perhari, kalsium dapat ditemui pada makanan seperti roti gandum, ikan yang segar, sereal, susu, dan kedelai yang sangat banyak mengandung kalsium. Tetapi, ada saran sebaiknya ibu jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kalsium, sebab ini dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal dan gangguan penyerapan zat besi.

Vitamin D sangat penting dalam pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebaiknya ibu menyusui mengonsumsi vitamin D dengan dosis sebanyak 600 IU atau 15 mikrogram perhari, serta hindari untuk mengonsumsi vitamin D lebih dari 4000 IU perhari sebab bisa menyebabkan rusaknya hati dan ginjal. Walaupun ibu menyusui mengonsumsi vitamin D yang cukup belum tentu ASI mengandung vitamin D yang cukup juga untuk bayi, sebaiknya konsultasi ke dokter anak.

DHA bisa diperoleh jika ibu yang menyusui memakan makanan yang mengandung serat DHA, seperti telur dan ikan. Jika jarang mengonsumsi ikan dan telur sebaiknya ibu meminum suplemen yang mengandung DHA dan lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Jika selama ibu yang menyusui masih mengonsumsi makanan yang mengandung kalori dan nutrisi yang mencukupi untuk ibu menyusui, bayi dapat gemuk, tetapi perlu diingat belum tentu bayi gemuk itu sehat, sehingga jangan sampai berpatokan pada badan bayi saja, sebaiknya fokuskan pada makanan yang mengandung nutrisi yang bergizi untuk bayi.(Mechy)