anak bayi sakit

Makanan Ibu Menyusui Yang Dapat Membuat Kecerdasan Bayi Meningkat

Diposting pada

Makanan Ibu Menyusui Yang Dapat Membuat Kecerdasan Bayi Meningkat – Ibu menyusui banyak membutuhkan nutrisi ketimbang ibu yang tidak sedang menyusui. Ibu yang menyusui harus makan makanan yang sehat dan bergizi karena hal itu sangat penting sekali untuk pertumbuhan bayi. Bayi yang berusia sampai enam bulan hanya boleh minum ASI. Setelah bayi berusia enam bulan barulah bayi dapat mengkonsumsi MPASI atau makanan pendukung ASI. ASI yang dimiliki oleh ibu mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat oleh bayi sehingga pemberian ASI ini harus sampai 2 tahun penuh. Makanan yang sehat yang dimakan oleh ibu yang sedang dalam proses menyusui dapat membuat ASI menjadi melimpah dan lebih berkualitas.

Nutrisi yang terdapat pada makanan yang telah dimakan oleh ibu akan disalurkan melalui ASI kepada bayi. Jika ibu menginginkan bayi yang cerdas, sehat, dan lincah maka ibu juga harus makan makanan yang mengandung gizi yang tinggi.

 

Daftar Makanan

Berikut ini ada beberapa makanan bagi ibu yang sedang menyusui yang dapat membuat kecerdasan bayi meningkat:

 

Ikan salmon

Salah satu yang dipercaya untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan mengkonsumsi ikan.  Ikan salmon berguna untuk menyehatkan bayi dan dapat meningkatkan kecerdasan pada bayi. Ikan salmon yang kaya akan DHA yang mana bermanfaat untuk tubuh bayi terutama dalam membantu perkembangan sistem sarafnya. Sebenarnya ASI juga sudah mengandung DHA akan tetapi DHA yang terkandung di dalam tubuh ikan salmon jauh lebih tinggi.

 

Brokoli

Sayur-sayuran merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat. Pada brokoli terkandung asam folat berguna mencerdaskan pada otak bayi. Brokoli dapat dicampurkan dengan sayuran hijau lainnya supaya ASI yang dikonsumsi oleh bayi dapat bertambah kualitasnya.

 

Jagung

Banyak sekali nutrisi yang ada pada jagung seperti karbohidrat, kalsium, protein, kalium, vitamin C, vitamin A, vitamin B12 dan serat. Jagung manis yang mengandung folat dapat bermanfaat untuk kecerdasan pada bayi. Bagi ibu jagung berguna untuk menambah produksi ASI. Dengan menambahkan jagung manis pada olahan makanan untuk ibu dapat membuat produksi ASI bertambah dan kecerdasan pada bayi dapat meningkat.

 

Kurma

Kalsium yang terkandung pada kurma cukup tinggi dan dapat meningkatkan produksi pada ASI. Kurma juga mengandung serat yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas pada ASI. Kurma yang dikonsumsi dengan kacang almond dapat membuat bayi cerdas.

 

Telur

Kandungan protein yang terdapat dalam telur dapat memenuhi nutrisi pada ibu dan bayinya. Asam lemak esensial yang terkandung di dalam telur menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk memberikan nutrisi pada ASI. Telur mengandung DHA yang berguna untuk kecerdasan bayi. Mengkonsumsi telur dengan menyajikannya dalam bentuk rebus maupun orak-arik.

 

Kacang hijau

Air kacang hijau yang dilakukan perebusan serta dikonsumsi setiap hari dapat berguna untuk ibu yang sedang menyusui. Kacang hijau dapat berguna untuk memperlancarkan ASI yang disalurkan ibu ke bayi. Air kacang hijau yang telah direbus harus diminum dengan ampas kacang hijaunya supaya nutrisi yang didapat lebih banyak.

 

Daging sapi

Mengolah daging sapi menjadi makanan berguna untuk ibu maupun bayi rentan terkena anemia. Hal itu dikarenakan daging merah banyak mengandung zat besi. Ibu yang mengalami kekurangan akan zat besi, ibu akan mudah lelah dan stress karena terkena anemia. Ketika ibu mengalami stress terjadinya penurunan terhadap ASI yang akan diproduksi nantinya. Dengan mengkonsumsi seratus gram daging sapi dengan tanpa lemak dapat memperbaiki zat besi yang terdapat pada tubuh bayi.

 

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai makanan yang harus dikonsumsi ibu supaya menghasilkan ASI yang berkualitas agar ibu bisa lebih selektif lagi dalam memakan makanan Demikian itulah beberapa makanan yang baik bagi ibu yang sedang menyusui dan dapat membuat kecerdasan pada bayi meningkat, semoga bermanfaat.(Yulianti)