Jadwal Pemberian MPASI Perdana

Makanan Ibu Menyusui Agar Berhenti Diare

Diposting pada

Makanan Ibu Menyusui Agar Berhenti Diare – Makanan yang di konsumsi oleh ibu selama menyusui eksklusif bisa masuk ke dalam ASI, dan hal tersebut dapat di cerna ole balita. Mama menyusui memerlukan asupan sehat agar terpenuhi nutrisi  makan an untuk anak. Saat ada bakteri masuk ke tubuh anak, ada beberapa jenis makanan yang seharusnya di hindari untuk mencegah diare yang semakin parah.

Diare yaitu gangguan pencernaan menyerang orang. Menyebabkan sering buang air, diare membuat bayi menjadi rewel tentunya membuat orang tua jadi khawatir.  Selain pengobatan dokter, orang tua juga harus memperdulikan makanan untuk anak diare.

Makan adalah energi, makanan berpengaruh dalam tumbuhannya anak. Kondisi bayi yang tidak sehat. Asupan makanan membantu tubuh dalam pemulihan dengan cepat.

Penderita diare akan mengalami kekurangan cairan dalam tubuhnya. Jika keadaan memburuk anak tidak mendapatkan pengobatan yang baik, dehidrasi dapat mengancam keselamatan anak.

 

Makanan yang menghentikan diare

Berikut makanan yang menghentikan diare :

Air susu orang tua

Meskipun bentuknya cair dan tidak padat, berfungsi untuk pemenuh kebutuhan anak yang belum dapat makanan yang padat. Pada anak yang diare, pemberian asi tidak bisa dihentikan sebab asi sebagai makanan sehat bagi anak.

Asi ibu yaitu penyedia protein, gula, dan lemak untuk anak. Selain memberinya makanan anak diare, suruah anak mengkonsumsi air putih banyak.

 

Buah pisang

Makanan favorit untuk anak yang diare. Makanan memiliki bentuk yang tidak kasar dan mudah diolah oleh pencernaan yang terganggu diare.

Pisang memiliki rasa manis, dan dapat dikonsumsi anak yang kurang sehat. Pisang juga kaya akan nutrisi. Memiliki kalium, vitamin A, vitamin B6, dan folat. Pisang juga termasuk dalam kategori diet untuk diare karena mengandung tanin dan pati karbohidrat lengkap yang tidak larut dalam air. Makanan untuk diare ini dapat dihaluskan terlebih dahulu atau dimakan langsung.

 

Sayuran wortel

Meskipun sedang diare, kebutuhan serat tetap harus terpenuhi. Makanan yang memiliki serat baik untuk diare yaitu wortel.

Makanan diare mempunyai zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Semua nutrisi meningkatkan ketahanan pada tubuh sehingga membuat anak lebih cepat pulih dari diare.

Walaupun sehat, makanan diare diolah dengan benar. Kita harus memastikan sayuran wortel yang dimakan bersihkan dan matang. Wortel yang belum di olah teksturnya keras serta masih memiliki bakteri di permukaannya.

Cara paling tepat mengolah makanan untuk diare yaitu meracik nya menjadi sup, dikukus dan dipotong kecil-kecil, atau ditumbuk supaya lebih halus. Sup wortel bisa meningkatkan asupan cairan dalam tubuh anak yang diare.

 

Telur yang sudah matang

Telur kaya vitamin B12, folat, fosfor, dan selenium. Makanan bagus untuk diare harus kaya dengan kolin dapat mendukung sel-sel tubuh untuk bekerja optimal. Hal ini mendukung proses pemulihan agar lebih cepat dari diare. Telur yang tidak dengan baik memiliki bakteri. bakteri dapat menginfeksi serta menyebabkan diare semakin parah.

Selain kematangan telur, juga perlu memastikan anak memiliki alergi pada telur. Alergi telur dapat mengakibatkan reaksi sakit perut serta mengakibatkan diare bisa menjadikan kondisi buruk.

 

Nasi tim dan bubur nasi

Nasi makanan yang baik untuk anak yang diare. Jika dijadikan bubur, bentuknya akan jdi lembut dan mudah untuk dicerna.

Baik nasi atau bubur, dapat menambah energi untuk anak kecapekan akibat diare. Makanan yang sehat untuk anak yang diare juga dapat di berikan potongan wortel. Hindari penambahan bumbu bersantan karena memicu gejala.

 

Yogurt

Yogurt dapat menjadi makanan lembut untuk anak yang diare. Yogurt dapat di konsumsi umur di atas satu tahun. Yogurt mengandung probiotik, yaitu bakteri yang baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi yogurt bisa mengurangi bakteri akibat dari diare.

 

Daging yang di panggang atau di rebus

Kumpulan Protein dapat diperoleh dari daging sapi, ayam, dan ikan. Makanan bernutrisi baik untuk bagi tubuh yang diare.

Mengolah makanan sehat untuk anak yang diare dengan matang sempurna. Cara membuat makanan untuk diare dengan direbus dan dipanggang dari pada digoreng.(Elfiza)