Potong Rambut Bayi Menurut Islam

Dalam merawat bayi tidak boleh secara sembarangan. Harus ada pengetahuan yang lebih luas mengenai tata cara merawat bayi. Dalam merawat bayi, banyak sekali orang-orang yang sudah mengetahui tentang tata cara merawat bayi yang baik menurut islam. Di dalam Islam telah diatur tentang hal-hal merawat bayi yang sesuai dengan ajaran Islam salah satunya seperti, memotong rambut bayi, merawat bayi dan lainnya yang menyangkut perawatan bayi.

Pada umumnya, ajaran Islam ini pasti mengatur tentang kebaikan. Aturan tersebut berdasarkan firman, hadist dan disesuaikan oleh ahli agama. Mencukur ataupun memotong rambut bayi di dalam Islam memiliki kriteria-kriteria tertentu yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Di dalam Islam menganjurkan bahwa memotong rambut bayi sebaiknya dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran. Banyak sekali hikmah-hikmah yang terkandung di dalam Islam seperti, rambut bayi tidak mudah rontok, tidak rusak dan botak. Memotong rambut bayi menurut Islam ini tidak boleh sembarangan. Karena mencukur rambut bayi ini sudah ada dalilnya tentang mencukur rambut bayi. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mengetahui tentang hikmah dan juga tata cara merawat bayi.

Sebelum mencukur rambut bayi menurut Islam sudah dianjurkan bahwa sebelum melakukan pemotongan sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Karena hal tersebut sudah tertera di dalam AL Quran tentang tata cara pemotongan rambut bayi. Di dalam memotong rambut bayi harus diperhatikan tentang tata cara memotong rambut bayi menurut Islam yang dilarang oleh Rasulullah. Karena di dalam Islam juga terdapat larangan-larangan mengenai tata cara memotong rambut bayi. Oleh karena itu, dalam mencukur rambut bayi harus memotong sebagian rambut agar rambut tersebut masih ada. Hal tersebut sudah diterapkan  di dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar R.A.

Dalam mencukur rambut bayi ada beberapa gaya rambut yang harus dipotong menurut Islam, antara lain :

  1. Memotong rambut pada sisi kepala, dan biarkan bagian tengah kepalanya
  2. Memotong secara acak-acakan atau tidak beraturan
  3. Memotong dibagian tengah kepala, dan biarkan sisi kepalanya tidak dipotong.

Adapun tata cara mencukur rambut bayi, sebagai berikut :

  • Bayi yang rambutnya ingin di cukur harus dalam keadaan sehat atau boleh saja sedang tidur, karena agar tetap mudah ketika ingin dipotong
  • Ambillah air sedikit hangat dan oleskan dibagian kepala bayi, agar kepala bayi tersebut tidak lecet ketika dipotong
  • Potonglah rambut bayi tersebut secara hati-hati maupun perlahan
  • Hindarilah gunting atau pencukur Elektrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi
  • Bersihkan kepala bayi tersebut hingga tidak ada sisa-sisa rambut.

Selain itu juga, ada beberapa manfaat dalam memotong rambut bayi, yaitu sebagai berikut :

  • Dengan memotong rambut bayi agar bisa mencegah gangguan visual pada mata bayi. karena jika rambut terlalu panjang akan menutup mata bayi
  • Jika rambut bayi tersebut panjang, dapat membuat iritasi dan luka dibagian telinga bayi
  • Apabila rambut bayi sudah dicukur, maka akan mudah untuk melihat penyakit kulit, luka maupun penyakit lainnya dibagian kepala bayi.

Memotong atau mencukur rambut bayi menurut Islam merupakan salah satu hal yang wajib diikuti oleh setiap kalangan manusia muslim. Banyak sekali para orang tua yang kurang mengetahui tentang tata cara mencukur rambut bayi. mencukur rambut bayi ini hukumnya sunnah. Apabila tidak dipotong tidak apa-apa. Akan tetapi, sebaiknya harus dipotong. Mencukur rambut bayi laki-laki dan perempuan hanya berbeda sedikit saja. Bayi laki-laki dipotong hingga gundul. Sedangkan untuk bayi perempuan boleh juga tidak dipotong atau tidak digundulkan.(Ririn)

Leave a Comment