Cara Mengatasi Anak Rewel Saat Batuk Pilek

Bunda, tentu akan sangat sedih ketika melihat keceriaan si kecil hilang karena batuk pilek. Anak akan merasa tidak nyaman dan mulai rewel serta susah tidur disebabkan kondisi kesehatannya yang tidak baik.

Merawat si kecil saat batuk dan pilek memang bukanlah hal mudah. Sebab, anak-anak cenderung lebih rewel hingga menolak untuk makan dan susah tidur. Kondisi ini mengakibatkan Bunda harus memberikan perhatian lebih kepada si kecil.

Selain itu, waktu istirahat Bunda akan berkurang karena harus terbangun mengatasi anak rewel dan susah tidur karena batuk disertai hidung tersumbat. Demi kesembuhan dan mengembalikan keceriaan si kecil, segala cara pun dilakukan, mulai dari membuat obat herbal dari bahan-bahan di dapur hingga memeriksakan anak ke dokter.

Selain itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi rewel anak saat batuk dan pilek, seperti berikut ini:

  1. Periksa Gejala yang Dirasakan Si Kecil

Seringkali orang tua menganggap pilek dan flu sebagai penyakit yang sama, padahal keduanya berbeda meski sama-sama menyerang saluran pernapasan sehingga membuat anak rewel karena sulit bernapas, apalagi jika disertai batuk.

Untuk menenangkan rewel si kecil, dibutuhkan obat yang sesuai. Jadi, Bunda harus mengetahui gejala yang dirasakan si kecil sebelum memutuskan memberinya obat.

 

  1. Obati Sesuai Gejala

Batuk dan pilek tentu akan membuat anak sangat tidak nyaman dan sulit tidur sehingga menjadi lebih rewel. Untuk itu, sebaiknya berilah si kecil obat sesuai gejala.

Selain itu, ada baiknya untuk memeriksakan anak ke dokter sebelum kondisi anak semakin memburuk.

 

  1. Periksa Suhu Tubuh Anak

Ketika suhu tubuh meningkat, anak akan cenderung lebih rewel. Suhu tubuh yang menunjukkan anak demam menandakan bahwa tubuh si kecil sedang bereaksi dengan infeksi virus yang menyebabkan pilek dan batuk.

Untuk itu, sebaiknya selalu periksa suhu tubuh si kecil. Jika dalam 3 hari suhu tubuh anak  mencapai 38 derajat celcius, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penangan yang benar dan tepat.

 

  1. Penuhi Asupan Cairan Si Kecil

Ketika batuk dan pilek, si kecil akan mengalami masalah pada saluran pernapasan sehingga menjadi rewel dan menolak untuk makan.

Untuk mengembalikan stamina si kecil, Bunda harus memastikan asupan cairan anak terpenuhi. Bunda dapat memberikan air hangat atau membuatkan teh hangat dengan campuran air lemon untuk melegakan pernapasan anak.

 

  1. Ciptakan Waktu Minum Obat yang Menyenangkan

Anak yang sedang sakit, seperti batuk pilek memang cenderung lebih rewel, susah makan, susah tidur, dan menolak untuk meminum obat.

Padahal obat sangat penting untuk mengembalikan daya tahan tubuh si kecil. Akan tetapi, rasa obat yang cenderung pahit membuat anak menolak untuk menelannya bahkan terkadang memuntahkannya.

Untuk itu, Bunda bisa menciptakan waktu minum obat yang menyenangkan tanpa adanya paksaan kepada anak. Misalnya, dengan membawakan mainan favoritnya dan mencampur obat ke dalam makanan manis seperti puding atau yogurt.

 

Akan tetapi, berkonsultasilah ke dokter sebelum mencampur obat dengan makanan lainnya agar tidak mempengaruhi kandungan yang terdapat pada obat tersebut.

 

  1. Lancarkan Hidung Tersumbat Agar Tidur Si Kecil Nyaman

Hidung mampet disertai napas yang sesak membuat anak menjadi rewel. Hal ini juga menjadi penyebab utama si kecil sulit beristirahat dengan nyaman.

Untuk mengatasinya, Bunda dapat membantu melancarkan pernapasan si kecil dengan memberi larutan garam ke dalam lubang hidung si kecil dan lakukan secara hati-hati serta perlahan.

 

  1. Hibur Anak

Saat malam, anak akan cenderung rewel menjelang tidur. Untuk mengalihkan perhatiannya, Bunda dapat menghiburnya dengan membacakan buku yang menarik atau mengajaknya menonton film kartun favoritnya.

Biarkan ia terhibur dengan buku atau film favoritnya, meski sudah sedikit larut malam hingga ia merasakan lega dan mulai mengantuk. Kemudian, Bunda dapat membantunya tidur dengan memeluknya agar ia tetap merasa hangat dan nyaman.

Bunda, ketika anak sakit, si kecil tidak hanya membutuhkan pengobatan namun juga kebutuhan emosionalnya yang membuatnya cenderung lebih rewel. Sebab itu, tidak ada salahnya agar  Bunda meluangkan waktu khusus untuk merawat dan mecurahkan lebih banyak perhatian dan kasih sayang kepada si kecil. Karena, kehadiran Bunda sangat dibutuhkan untuk penyembuhan si kecil.(Yola)

 

 

About The Author

Reply