Gerakan Janin Mendekati HPL

Gerakan Janin Mendekati HPL – Setiap calon orang tua sangat menantikan kehadiran si kecil lahir, dan mencari tahu kapan tanggal persalinan yang tepat dan merencanakan sebuah persiapan yang matang walaupun waktu kelahiran masih lama. Nah, bagi anda yang sudah memperkirakan kapan tanggal persalinan dengan cara menghitung HPL. Berikut ini adalah panduannya:

Cara menghitung Gerakan Janin Mendekati HPL

Cara menghitung HPL yaitu perkiraan lahir yang bisa di perkirakan dan di ketahui oleh kebanyakan orang. Berapakah usia kehamilan anda sekarang:

Nah, di artikel ini anda akan mengetahui. Bagi anda yang masih suka salah paham, banyak yang mengira usia kehamilan menurut bulan seperti 6 bulan, 3 bulan, dan 9 bulan. Padahal usia kehamilan lebih tepatnya dihitung menurut per minggu dan perhari, oleh sebab itu ada kaitannya dengan hari pertama haid dan terakhir HPHT anda.

Pada usia kehamilan pada umumnya akan berlangsung selama 38-40 minggu atau juga bisa dihitung per hari sebanyak 280 hari. Rentang waktu kehamilan juga termasuk sebanyak  minggu dan pada masa pembuahan setelah menstruasi meskipun anda belum dinyatakan positif hamil.

 

cara menghitung HPL dengan menggunakan rumus

Adapun cara menghitung HPL dengan menggunakan rumus.

Tanggal dihari pertama menstruasi terakhir + 7 hari – 3 bulan + 1 tahun.

Contohnya: jika HPHT anda adalah tanggal 11 April 2019 dan ditambahkan 7 hari ke depannya, berarti tanggal 18 April 2019  adalah minggu pertama usia kehamilan anda. Setelah dikurangi 3 bulan dari beberapa bulan haid terakhir tersebut,  yaitu di saat tanggal 18 Januari atau bulan April bulan yang ke-4 akan dikurangi 3. Terakhir ditambahkan satu tahun dari tahun 2019, maka dari cara menghitung rumus ini anda bisa mendapatkan HPL 18 Januari 2020.

Berikut ini adalah cara menghitung HPL menurut Dokter:

  1. Menggunakan USG

Tidak semua wanita yang bisa menggunakan USG pada awal kehamilan, ada banyak juga yang tidak sadar mereka sedang hamil. Nah, USG atau ultrasonografi bisa memberi tanggal berapa persalinan yang lebih akurat dan dibandingkan dengan cara menghitung dengan menggunakan metode HPL dan juga menggunakan rumus. Fungsi melakukan USG ini yaitu agar anda membantu anda untuk menghitung hari perkiraan lahir, apabila ibu hamil tersebut sudah berusia usia 35 tahun dan lebih.

 

  1. Menghitung detak jantung janin

Selain menggunakan USG, ada juga cara menggunakan sistem HPL agar mengetahui detak jantung pada bayi pertama kali di dengar. Pada minggu ke-9 atau 10 biasanya anda mengetahui detak jantung pada bayi. Dan merasakan gerakan janin.

Gerakan janin biasanya pada minggu 18-22, tetapi hal tersebut bisa lebih awal dan lebih lambat. Dari sini Dokter akan mengetahui hari perkiraan bayi lahir.

 

  1. Ketinggian fundus uteri

Fundus pada wanita berada pada daerah tulang panggul di bagian atas rahim anda, setiap anda memeriksa dengan rutin kehamilan, Dokter bisa menentukan perkiraan lahir pada ketinggian fundus, yang semakin tua usia kehamilan, pada umumnya akan terjadi semakin kecil jaraknya.

Bisakah menghitung tanggal kelahiran dengan sendirinya?

Meskipun anda sudah mengetahui tanggal yang lewat dengan cara menggunakan HPL, kebanyakan orang tua menginginkan anaknya lahir dihari yang bagus dan tanggal yang unik. Namun hal aneh ini kebanyakan belum tentu bisa dilakukan banyak orang.

 

Lahiran menggunakan caesar

Apabila kondisi kehamilan anda diharuskan untuk lahiran menggunakan caesar, kemungkinan anda bisa memilih tanggal berapa yang tidak jauh dengan tanggal perkiraan lahir yang seharusnya, namun keputusan tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Operasi menggunakan operasi caesar pada umumnya di perbolehkan jika kondisi kehamilan anda berisiko tinggi.(Nanda)

 

About The Author

Reply