Syarat Melahirkan Normal Setelah Caesar

Anda menginginkan melahirkan normal setelah caesar? Ada beberapa syarat penting yang harus anda ketahui. Melahirkan secara normal adalah keinginan banyak wanita, namun apakah benar seorang wanita bisa melewatkan persalinan dengan normal setelah atau sebelumnya dia pernah menjalani proses melahirkan dengan jalan operasi caesar?

Jawabannya, yaitu tergantung dengan masalah atau juga kondisi medis yang telah dihadapi. Mungkin anda juga sering mendengar dari beberapa cerita bunda yang mampu melahirkan dengan cara normal setelah sebelumnya mereka pernah melakukan operasi caesar. Proses kelahiran bisa disebut juga dengan istilah VBAC atai Vagi-nal Birt After C-section, yaitu proses persalinan dengan cara normal setelah sebelumnya bunda pernah melakukan operasi caesar.

Risiko yang paling utama wanita VBAC atau pecah rahim, yaitu sebuah sayatan bekas operasi caesar sewaktu-waktu akan terbuka kembali di saat melakukan proses persalinan, Dokter pada saat ini akan lebih berhati-hati sebelum mereka memberikan setiap rekomendasi VBAC pada semua calon bunda.

Pada saat ini, kasus pada VBAC masih sedikit yang melakukannya. Akan tetapi ada beberapa kasus yang kerap berlangsung dengan sukses. Tidak hanya itu, bahkan dari tingkat keberhasilan VBAC juga antara 60-80 persen. Atau dari sekitar dua pertiga pada bunda hamil yang sebelumnya pernah melakukan persalinan dengan melakukan proses jalannya operasi caesar yang terkadang memungkinkan untuk melakukan VBAC, namun tentu saja hanya Dokter yang bisa menentukan hal tersebut. Ada beberapa syarat seorang bunda yang ingin melahirkan secara normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya dan bunda akan melakukan VBAC, berikut ini adalah syarat nya:

1. Apa jenis sayatan bekas operasi caesar bunda?
Ada beberapa jenis dan sering di gunakan dalam operasi caesar, yang pertama seperti melintang rendah atau sayatan pada saat operasi caesar yang telah di lakukan pada sisi bagian bawah rahim, sayatan seperti ini tentunya sering dilakukan pada saat operasi caesar. Yang kedua yaitu sayatan vertikal rendah atau disebut dengan bagian atas dan bawah yang telah dilakukan pada bawah rahim. Dan yang ketiga yaitu jenis sayatan tinggi vertikal bisa disebut dengan sayatan klasik atau arah dari bagian atas dan bagian ke bawah dari atas rahim bunda.

2. Apa alasan dari operasi caesar pada sebelumnya?
Jika alasan dari anda melakukan caesar adalah dikarenakan bayi yang dikandung berposisi sungsang atau dikarenakan detak jantung yang tidak beraturan, maka dari itu peluang dari melakukan VBAC tanpa terjadi komplikasi.

3. Seberapa sehatkah bunda dan bayi di dalam kandungan?
Jika kesehatan pada bayi dan bunda ternyata kondisinya tidak stabil mungkin bunda memiliki sebuah komplikasi, maka dari itu Dokter mungkin tidak akan merekomendasikan bunda untuk melakukan persalinan normal. Dari kondisi bunda juga akan diperhitungkan. Mempunyai diabetes dan juga tekanan darah tinggi tidak bisa melahirkan normal dan setelah melakukan operasi caesar atau VBAC akan menjadi risiko sangat tinggi.

4. Berapa kali bunda pernah melakukan operasi caesar?
VBAC atau disebut dengan melahirkan normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya akan aman jika para bunda yang hanya sekali melakukan pada proses caesar. Terkadang ada beberapa bunda yang pernah melakukan beberapa kali dan melakukan persalinan dengan cara operasi caesar maupun dengan mencoba VBAC, terkadang hal tersebut akan sulit untuk menemukan pada seorang dokter yang akan menanganinya yang dikarenakan terlalu berisiko.

Nah, dari ke-4 syarat melahirkan normal setelah caesar diatas, menjelaskan untuk bunda yang ingin mengetahui informasi tentang melahirkan normal setelah melakukan operasi caesar. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat membaca.(Nanda)

Tags:

About The Author

Reply