Apakah Bahaya Melahirkan Normal Setelah Caesar

Banyak wanita yang menginginkan untuk melahirkan normal. Akan tetapi, ada juga sebagian Ibu hamil yang tidak bisa melahirkan secara normal melainkan dengan cara operasi Caesar.  Selain itu, ada juga yang menginginkan persalinan normal setelah operasi Caesar.  Bagi ibu yang ingin melahirkan normal setelah Caesar tidak perlu ragu maupun khawatir. Tapi, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa melahirkan normal setelah Caesar itu akan berbahaya sehingga dapat membuat pecah ataupun robek di bagian rahim selama proses persalinan. Kondisi tersebut dapat membawa dampak negatif bagi ibu dan bayi sehingga bisa menyebabkan kematian. Selain itu juga, bisa menimbulkan pendarahan selama kelahiran baik bagi ibu dan juga bayinya. Risiko pendarahan akan lebih besar dengan pendarahan parah sesudah melahirkan. Selain itu, akan mengalami komplikasi berat, salah satunya adalah meninggal dunia ketika melahirkan dan tingkat komplikasi pada bayi pun juga tinggi sehingga bayi tersebut mengalami kejang-kejang. Operasi Caesar ini bisa mengurangi risiko kompilkasi yang akan meningkat seiring akan bertambahnya usia, dan tingkat Obesitas pada ibu yang sedang hamil juga naik. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa melahirkan normal setelah Caesar itu merupakan pilihan yang terbaik bagi ibu hamil.

Namun, proses tersebut tidaklah mudah. Terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh di dalam kesuksesan melahirkan normal setelah Caesar. Tapi ada juga sebagian orang mengatakan bahwa setelah operasi Caesar, maka melahirkan selanjutnya harus Caesar juga. Ada juga yang mengatakan  Sebelum memutuskan untuk melahirkan normal setelah Caesar, harus mengetahui hal-hal dibawah ini :

Pilihan sepenuhnya di tangan Ibu

Biasanya bagi yang baru melahirkan Caesar akan mendapatkan saran dari dokter agar kelahiran selanjutnya juga harus operasi. Karena jika melahirkan normal setelah Caesar akan berbahaya bagi ibu hamil.

Harus mempersiapkan diri

Jika ingin melahirkan normal setelah Caesar, maka ibu harus mempersiapkan diri.

Resikonya tidak sebesar dibandingkan melakukan caesar

Penelitian mengatakan bahwa melahirkan normal lebih aman dan resikonya akan lebih rendah jika dibandingkan operasi caesar untuk keselamatan bayi dan juga ibu. Resiko ataupun tingkat kematian bayi yang dilahirkan secara caesar lebih besar dibandingkan dengan kelahiran normal.

Persalinan normal setelah caesar merupakan hal yang terbaik bagi bayi anda

Melahirkan normal setelah operasi Caesar ini mempunyai banyak manfaat bagi bayi. Proses persalinan ini dilakukan ketika bayi sudah siap untuk dilahirkan, paru-paru bayi sudah matang serta otak-otaknya sudah berkembang. Sebuah penelitian sudah mencari keterkaitan antara persalinan dan kematangan paru-paru bayi. Pada saat melahirkan, tubuh ibu memproduksi hormone-hormon stres yang bisa membantu bayi yang siap hidup di luar rahim.

Harus mengetahui kondisi tubuh sendiri

Bagi ibu yang menginginkan untuk melahirkan normal setelah caesar sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu kondisi tubuhnya sendiri. Apakah akan berisiko tinggi mengalami komplikasi ataupun mempunyai faktor pendukung untuk dilakukan persalinan secara normal. Dikarenakan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap proses kelahiran.

Proses pemulihan yang berbeda

Sudah banyak ibu yang melaporkan bahwa proses pemulihan dari persalinan normal akan jauh lebih mudah dibandingkan melahirkan Caesar. Biasanya bagi yang melahirkan normal akan cepat pulih dibandingkan operasi Caesar.(Ririn)

 

About The Author

Reply