Bahaya melahirkan melewati HPL

Mom Sharing – Dianugerahi momongan kecil di dalam perut merupakan sesuatu yang sangat di ingin oleh pasangan suami istri, namun terkadang ada juga proses kehamilan yang tidak sesuai dengan keinginan. Seperti bunda mengalami keterlambatan dalam waktu persalinan. Kondisi bayi yang telambat lahir sehingga hal tersebut sering dialami oleh kebanyakan wanita. Di dalam dunia medis Dokter biasa menyebutnya dengan nama postmatur dan prolonged pregnancy, seseorang yang dikatakan mengalami postmatur yaitu ketika melahirkan melebihi waktu dari 9 bulan atau lebih dari 24 minggu. Hal ini tentu harus diwaspadai karena bayi lahir terlambat akan berisiko mengalami gangguan pada kesehatan bunda dan si kecil di dalam, bayi yang terlambat lahir bisa mengalami gangguan kesehatan. Seperti penurunan berat badan, komplikasi pada paru-paru, gangguan bernafas, bahkan kematian.

Faktor-faktor pemicu melahirkan melewati HPL

Sebenarnya diperkirakan pada prediksi kehamilan yang telah di tentukan oleh Dokter tidak berlaku dan tidak pasti tentunya, wajar saja jika bunda mengalami kemajuan dan keterlambatan dari perkiraan lahir atau HPL. Jika kontraksi tersebut melebihi 2 minggu dari waktu perkiraan yang telah ditentukan anda wajib berhati-hati, karena akan terjadinya postmatur dan lebih baiknya anda harus mempelajari terlebih dahulu faktor-faktor yang memicu terlambatnya melahirkan melewati HPL.

Berikut ini adalah beberapa Faktor-faktor pemicu melahirkan melewati HPL:

  1. Kesalahan dalam menghitung periode atau waktu kehamilan

Di saat kandungan di dalam perut telah membesar dan melewati batas dari 9 bulan tetapi belum ada juga kontraksi, pada saat itulah bunda akan merasakan puncak kegalauan dan cemas. Jika hal tersebut terjadi anda harus selalu tetap tenang dan sabar, yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan Dokter kandungan.

 

  1. Memiliki riwayat turunan

jika ada keluarga anda yang pernah mengalami melahirkan melewati HPL, coba anda tanyakan kepada keluarga anda apakah ada diantara mereka yang pernah mengalami kelahiran postmatur. Jika ada maka bisa saja kondisi yang anda alami sama seperti mereka yang dulunya pernah melahirkan postmatur, anda harus tetap berjaga-jaga untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap Dokter spesialis kandungan.

 

  1. Mengandung bayi jenis kelamin laki-laki

Penyebab dari terlambatnya lahir tentunya belum dijelaskan dengan cara yang sangat pasti, namun Dokter hanya saja memberikan sebuah kemungkinan dan berhubungan dengan kondisi kehamilan bunda. Salah satu faktor yang menyebabkan keterlambatan persalinan yaitu bisa saja berhubungan dengan jenis kelamin si kecil. Karena jika seseorang mengandung janin laki-laki akan rentan mengalami sebuah komplikasi, seperti postmatur akan tetapi pernyataan tersebut bukanlah sepenuhnya benar dengan dan belum terbukti secara ilmiah.

 

  1. Mengandung anak pertama

Ada beberapa orang mengatakan, bawa jika sedang hamil anak pertama cenderung akan mengalami keterlambatan dan melewati hari perkiraan lahir atau HPL. Ternyata hal tersebut bukanlah suatu omong kosong atau mitos.

 

  1. Kegemukan

Bunda yang sedang hamil memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi yang kaya akan serat dan vitamin agar janin di dalam memiliki asupan yang baik, yaitu mengkonsumsi, sayuran, buah-buahan, telur dan lain-lainnya. Namun dalam arti kata lain mengkonsumsi makanan tidak boleh terlalu berlebihan dan juga harus betul-betul diperhatikan, jangan sampai bunda makan dengan cara berlebihan sehingga makanan tersebut bisa membuat bunda gemuk (obesitas). Kegemukan pada ibu yang sedang hamil tentunya hal yang sangat berbahaya, salah satunya resiko yaitu bayi akan mengalami terlambat lahir dan melewati HPL. Oleh sebab itu bunda harus mengkonsumsi makanan yang seimbang bergizi dan tidak berlebihan.(Nanda)

 

 

Leave a Comment