Bahaya Anak Minum Susu Formula Basi

Bahaya Anak Minum Susu Formula Basi – Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan terbaik bagi anak, terutama untuk bayi. Selain mengandung nutrisi yang lengkap, ASI membantu memenuhi kebutuhan akan gizi untuk anak. Sayangnya, terkadang beberapa Ibu tidak bisa memproduksi ASI dengan baik. Sehingga, anak harus mengkonsumsi susu formula untuk menggantikan ASI.

Susu yang di sarankan

Susu formula di sarankan, sebenarnya disarankan untuk anak yang berusia di atas 6 bulan. Namun terkadang kondisi Ibu yang tidak memungkinkan memberi ASI membuat anak mengkonsumsi susu formula lebih awal. Sebab itu, Bunda harus sangat memperhatikan susu formula, mulai dari jenis hingga cara penyajiannya sebelum diberikan ke anak.

Selain itu, Bunda harus memastikan bahwa susu formula tidak basi sehingga layak untuk diminum Si Kecil. Sebab, susu formula sangat rentan basi dan biasanya akan basi setelah 2 jam sejak diseduh.

 

Susu Formula yang sudah basi

Susu formula yang sudah basi akan membuat bakteri hingga virus atau parasit lainnya berkembang sehingga dapat memicu efek keracunan jika diminum Si Kecil. Jadi sebaiknya, segera beri Si Kecil susu formula setelah diseduh.

Adapun ciri-ciri susu formula yang sudah basi di antaranya, terjadi perubahan warna menjadi kekuningan pada susu formula, kemudian terdapat gumpalan-gumpalan kecil disertai bau tengik dan perubahan pada rasa.

 

Bahaya anak minum susu formula basi

Lantas, apa saja bahaya yang mengancam jika anak minum susu formula basi? Berikut beberapa di antaranya seperti yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

  1. Rewel

Sebenarnya, banyak hal yang menjadi pemicu anak menjadi rewel. Namun biasanya, anak akan rewel ketika merasa tidak nyaman atau terjadi masalah pada kesehatannya.

Anak yang rewel setelah minum susu formula basi akan disertai gejala lainnya, seperti naiknya suhu badan, tubuh berkeringat dingin, hingga diare. Jika demikian, kemungkinan besar Si Kecil keracunan susu formula yang sudah basi.

 

  1. Mual

Efek yang sering muncul setelah anak meminum susu formula basi adalah merasakan mual. Rasa mual tersebut terjadi akibat adanya infeksi pada usus dan peradangan dari kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil.

 

Anak yang merasa mual setelah minum susu formula basi biasanya akan cenderung rewel, menangis, susah makan hingga sulit tidur.

 

  1. Muntah-muntah

Dampak yang diakibatkan setelah meminum susu formula basi pada anak sebenarnya berbeda. Artinya, tergantung pada seberapa parah kerusakan yang terjadi pada susu formula tersebut. Namun yang paling parah, Si Kecil akan mengalami muntah-muntah.

 

Pada kondisi ini, kemungkinan besar Si Kecil memuntahkan racun yang masuk ke tubuh setelah meminum susu formula basi. Akan tetapi, Bunda dapat memeriksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  1. Diare

Keracunan akibat meminum susu formula yang basi juga dapat memicu masalah pada pencernaan anak, salah satunya diare.

 

Diare dipicu oleh adanya infeksi dinding susu yang disebabkan mikroorganisme pada susu formula basi, sehingga frekuensi buang air besar pada Si Kecil meningkat. Dan biasanya, diare akan berlangsung hingga beberapa hari.

 

  1. Nyeri Perut

Masalah lainnya yang diakibatkan meminum susu formula basi adalah nyeri perut. Kondisi ini dipicu oleh adanya aktivitas dari bakteri di dalam perut.

 

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Berikutnya, anak akan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan akibat rasa sakit dan diare setelah mengkonsumsi susu formula basi.

 

Tentu ini menjadi masalah serius, terlebih lagi jika tidak cepat ditangani maka anak akan kekurangan asupan nutrisi yang biasanya berasal dari susu formula sebagai pengganti ASI.

 

Keracunan akibat meminum susu formula basi

Demikian beberapa bahaya yang ditimbulkan jika anak mengkonsumsi susu formula basi. Jika Si Kecil mengalami keracunan akibat meminum susu formula basi, yang bisa Bunda lakukan adalah memastikan Si Kecil tidak kekurangan cairan untuk menghindari dehidrasi.

Kemudian, berikan Si Kecil oralit saat ia mengalami diare. Oralit berfungsi sebagai pengganti elektrolit yang hilang. Namun, jika ternyata gejala yang dialami Si Kecil semakin parah, seperti diare bercampur darah, muntah hebat, lemas hingga mengakibatkan gangguan kesadaran. Sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter.

Nah Bunda, untuk menghindari kondisi tersebut sebaiknya pastikan Si Kecil menghabiskan susu formulanya setelah diseduh. Sebab, susu formula hanya mampu bertahan sampai 2 jam setelah diseduh.(Yola)

About The Author

Reply