Sholawat Untuk Bayi Dalam Kandungan

Sholawat Untuk Bayi Dalam Kandungan – Ketika dokter mengatakan bahwa Bunda sedang mengandung, tentu hal ini menjadi anugerah luar biasa, terutama untuk orang tua baru. Sebab, buah hati yang ditunggu-tunggu akan lahir ke dunia memberi kebahagiaan tak terhingga untuk Ayah dan Bunda.

Tapi tahukah Bunda? Ketika calon buah hati masih dalam kandungan, ternyata ia sudah mampu mendengar, tepatnya saat memasuki usia kandungan 8 minggu dan akan lebih sempurna di usia kandungan minggu ke-24.

Bayi di kandungan mampu mendengar dengan bantuan air ketuban. Ternyata, air ketuban menjadi media bagi pendengaran bayi di dalam kandungan. Sehingga, meski masih dalam kandungan bayi sudah mulai mendengar segala hal di sekitarnya melalui plasenta.


 

Kandungan 25 minggu

Awalnya bay kandungan 25 minggu i dalam kandungan akan mendengar denyut jantung dari Bunda. Ketika memasuki usia kandungan 25 minggu, bayi mampu mendengar hingga ke luar rahim.

Pada masa-masa ini, Bunda dapat memperkenalkan bayi dalam kandungan pada suara-suara yang bermanfaat baginya. Sebab menurut beberapa penelitian, calon bayi yang diperdengarkan hal-hal yang positif akan memberi manfaat sangat baik pula pada tumbuh kembangnya

Sejumlah calon Ibu memilih untuk memperdengarkan bayi dalam kandungan musik-musik yang menenangkan. Namun sebagai seorang muslim, tidak ada salahnya bagi Bunda untuk memperdengarkan Sholawat dan lantunan ayat-ayat suci Alquran lainnya.

Secara umum, terdapat dua Sholawat yang disyariatkan dan sesuai dengan ajaran Rasullullah pada sahabat-sahabatnya. Salah satunya yakni:

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibarahim wa ‘ala aali Ibrahim, Innaka Hamidum Majid.

Yang artinya: “Ya Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.:”

 

Shalawat untuk bayi

Selain itu, Bunda dapat melantunkan shalawat untuk bayi yang kerap diucapkan, yakni:

Shalallahu ‘alaihi wa sallam dan ‘Alaihish shalaatu was salam

 

Sholawat di atas telah sesuai dengan kitab-kitab hadist. Dengan membacakan sholawat-sholawat tersebut, diharapkan kelak di masa perkembangan, anak sudah tidak asing dengan ayat-ayat suci Alquran bahkan sejak ia masih dalam kandungan.

 

Sholawat kepada calon bayi

Dengan memperdengarkan sholawat kepada calon bayi, sel otak anak yang masih dalam kandungan akan berkembang, terlebih lagi jika disertai dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran. Selain itu, anak akan mampu menstimulasi dengan baik sehingga dapat memberi pengaruh positif pada tumbuh kembangnya setelah ia lahir.

Selain sholawat, Bunda juga dapat memperdengarkan ayat-ayat suci Alquran. Ayat-ayat suci Alquran terbukti mampu memberi kenyamanan bagi anak meski masih dalam kandungan, sehingga calon buah hati menjadi sehat secara fisik dan kejiwaannya.

Hal ini dikarenakan, getaran dan frekuensi yang muncul dari bacaan sholawat ataupun ayat-ayat suci Alquran mampu menstimulasi dengan sempurna, bahkan jika dibandingkan dengan musik-musik yang biasa diperdengarkan seperti mozaik atau jazz.

Menariknya lagi, bayi dalam kandungan yang sudah diperdengarkan dan diperkenalkan dengan bahasa akan lebih cepat mampu berbicara.

Jadi Bunda, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan anak meski dalam kandungan agar mengenal Rasullullah melalui sholawat yang benar. Selain itu, tidak ada salahnya untuk menyertakan ayat-ayat suci Alquran untuk diperdengarkan kepada si calon buah hati.

Selain bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan di dalam kandungan agar terlahir menjadi anak yang cerdas, sholawat dan lantunan ayat-ayat Alquran juga bermanfaat bagi Bunda. Bunda akan menjadi lebih tenang, terutama ketika mendekati masa persalinan.

 

Mendekati masa-masa persalinan

Mendekati masa-masa persalinan, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak untuk mengenal hal-hal yang penting sejak dini melalui pendengarannya. Ketika bersantai, Bunda dapat memperdengarkan sholawat dan ayat-ayat suci Alquran melalui audio.

Terlebih lagi, sholawat sudah terbukti mampu menjadikan anak sholeh dan sholehah. Bahkan, beberapa anak yang sejak dini diperdengarkan sholawat dan ayat-ayat suci Alquran mampu menghafal Alquran dengan baik.

Seperti diketahui, anak merupakan anugerah yang paling berharga. Sehingga, akan sangat baik jika dididik dengan baik sedari dini, yakni sejak masih berada dalam kandungan Bunda. Calon bayi yang diperdengarkan hal-hal yang positif mampu menstimulasi otaknya meski dalam kandungan, sehingga saat lahir anak akan menjadi lebih cerdas.(Yola)

 

 

 

Leave a Comment