Lagu Bayi Agar Cepat Tidur

Home » Lagu Bayi Agar Cepat Tidur

Mom Sharing – Tahukah Bunda? Setiap bayi membutuhkan tidur yang berkualitas dengan waktu cukup agar Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Hal ini dikarenakan, waktu tidur adalah saat yang tepat untuk memproduksi hormon agar dapat dialirkan secara maksimal ke suluruh tubuh bayi.

Sayangnya, tidak semua bayi bisa tidur dengan mudah hingga nyenyak. Bahkan, beberapa bayi seringkali rewel ketika akan diajak tidur. Lalu, bagaimana untuk membuat bayi cepat tidur hingga nyenyak?

Salah satunya dengan lagu. Saat ini, lagu memang menjadi cara ampuh untuk membuat bayi cepat tidur. Terutama lagu-lagu yang biasa digunakan sebagai pengantar tidur.

Memang, perkembangan penglihatan bayi relatif berkembang. Akan tetapi, bayi mempunyai pendengaran sempurna, meski baru dilahirkan.

Bunda dapat menyanyikan lagu pengantar tidur saat menidurkan Si Kecil agar cepat terlelap. Faktanya, nyanyian Bunda ketika menidurkan anak akan membuat Si Kecil yang rewel menjadi tenang.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan ahli saraf kognitif dari Universitas Toronto Mississauga, Laura Cirelli, nyanyian lagu pengantar tidur dari Bunda dapat membentuk otak sosial bayi. Otak sosial merupakan kemampuan bayi dalam memahami, mengintegrasikan, serta menghubungkan seluruh indera yang berbeda saat mendengar nyanyian dari sang Bunda.

Ketika Bunda menyanyikan lagu pengantar tidur dengan tempo yang lambat, maka akan memberi ketenangan bagi bayi. Dan jika nyanyian pengantar tidur Bunda bertempo lebih cepat, maka akan membentuk emosi menjadi positif.

Bahkan menurut pendidik musik, Anita Collins, saat-saat Bunda menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi merupakan momen yang mendekatkan Bunda dengan si Kecil, misalnya melalui tatapan, ayunan dalam gendongan, pegangan tangan, yang membuat bayi merasakan gerak dan ritme.

Lantas, lagu apa saja yang tepat untuk membuat bayi tidur lebih cepat? Selain lagu Nina Bobo yang hingga kini masih dinyanyikan sebagai lagu pamungkas untuk membuat bayi terlelap, sebenarnya ada beberapa lagu lainnya yang dapat Bunda jadikan sebagai pengantar tidur Si Kecil.

Nah, berikut ini adalah beberapa lagu yang dapat Bunda jadikan nyanyikan atau putar untuk membuat bayi cepat tidur seperti sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

  1. Pelangi Pelanggi

Siapa yang tidak tahu dengan lagu Pelangi Pelanggi. Hingga kini, lagu yang menceritakan keindahan pelangi dengan berbagai warnanya ini masih populer di kalangan anak-anak.

Liriknya mudah diingat dan temponya yang sangat lembut sangat cocok untuk membuat bayi tidur lebih cepat.

 

  1. Tik Tik Bunyi Hujan

Seperti lagu Pelangi Pelanhgi, Tik Tik Bunyi Hujan juga merupakan lagu lama yang hingga kini sering dinyanyikan.

Ritme dan alunannya sangat lembut sehingga sangat tepat untuk menidurkan bayi lebih cepat hingga terlelap.

 

  1. Twinkle Twinkle Little Star

Satu lagi lagu yang juga sudah tidak asing lagi dan masih populer hingga kini adalah Twinkle Twinkle Little Star.

Lagu yang juga menceritakan bintang kecil ini sangat tepat dijadikan sebagai pengantar tidur bayi agar lebih cepat terlelap. Sebab, lagu ini memiliki tempo yang lambat dan alunan yang lembut.

 

  1. You are My Sunshine

You are My Sunshine mengungkapkan kasih sayang seorang Ibu kepada buah hatinya.

 

Sebenarnya, lagu ini memiliki tempo yang ceria, namun Bunda dapat menyanyikannya dengan lembut dan tempo yang lambat agar bayi cepat tidur.

 

  1. Little Boy Blue

Mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang terlelap saat menggembalakan sapi dan dombanya, lagu Little Boy Blue diiringi alunan piano yang sangat lembut. Sehingga, sangat cocok untuk menidurkan bayi agar cepat terlelap.

Demikian sejumlah lagu yang dapat menjadi referensi Bunda ketika kesulitan menidurkan bayi. Nyanyian dari seorang Bunda akan membuat ikatan antara Ibu dan anak semakin erat. Bahkan, mampu mempengaruhi perilaku dan fisik si Kecil.

Sebab itu, pilihlah lagu yang tenang dan lembut. Nah, sambil bernyanyi Bunda dapat memeluk atau mengusap-usap kening Si Kecil untuk memberikannya rasa nyaman.

Selain menyanyikan lagu, Bunda juga memperdengarkan musik yang lambat untuk membuat bayi cepat tidur. Misalnya, musik klasik atau jazz.(Yola)

 

 

Scroll to Top