Anak Rewel Karena Mau Tumbuh Gigi

Pada umumnya, anak akan tumbuh gigi untuk pertama kalinya saat berusia 6 bulan. Pada masa itu, kemunculan gigi susu Si Kecil akan terlihat dengan di mulai dari bagian depan atas atau bawah. Namun, beberapa anak akan tumbuh gigi pada usia 3 bulan.

Dalam prosesnya anak akan cenderung rewel dan susah makan. Namun Bunda tidak perlu khawatir, karena hal ini wajar terjadi. Selain itu, anak akan mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya serta sering menggigit benda-benda di genggamannya.

Anak akan merasa tidak nyaman dan rewel karena merasakan nyeri dan gatal pada gusi yang akan tumbuh gigi. Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi anak yang rewel karena mau tumbuh gigi, seperti berikut ini:

  1. Usap Gusi Anak

Anak yang rewel saat mau tumbuh gigi, biasanya dikarenakan rasa nyeri atau gatal pada gusi sehingga merasa sangat tidak nyaman.

Bunda dapat membantu meredakan rasa gatal dan nyeri tersebut dengan cara mengusap gusi Si Keci yang mau tumbuh gigi.

Caranya, gunkan jari dan usap-usap perlahan gusi Si Kecil. Namun, jangan lakukan dengan memaksa, karena dikhawatirkan Si Kecil akan tersedak dan justru semakin rewel.

 

  1. Berikan Teether

Salah satu gejala anak mau tumbuh gigi adalah sering menggigit benda-benda di genggamannya. Hal ini dikarenakan rasa gatal pada gusi Si Kecil.

Namun, kebiasaan menggigit benda-benda tersebut justru dapat menimbulkan masalah baru pada kesehatan anak. Sebab, benda-benda yang masuk ke mulut anak belum tentu aman dan bersih.

Untuk itu, sebaiknya berikan Si Kecil mainan gigi atau teether yang terbuat dari bahan dan bertekstur aman untuk anak.

Beberapa teether harus didinginkan dahulu di lemari pendingin untuk kemudian dapat digunakan sebagai pereda rasa gatal pada gusi si kecil. Tapi, sebaiknya jangan dinginkan teether di freezer karena dikhawatirkan akan membahayakan bagi gusi si kecil.

Selain itu, jika tidak ada teether Bunda bisa menggunakan kain flanel lembut dan bersih yang sudah didinginkan untuk membantu meredakan nyeri atau gatal pada gusi Si Kecil

 

  1. Beri Finger Food

Selain teether, Bunda juga dapat memberikan finger food untuk anak yang tumbuh gigi di usia 6 bulan.

Namun, pastikan finger food seperti potongan buah Apel atau sayur Wortel dengan ukuran genggaman serta tekstur yang sesuai bagi Si Kecil untuk menghindari anak tersedak.

 

  1. Beri Minuman Dingin Bebas Gula

Minuman dingin juga mampu meredakan gatal atau nyeri yang membuat si kecil rewel. Namun, pastikan minuman dingin yang Bunda berikan tidak mengandung gula untuk anak yang berusia enam bulan ke atas. Selain itu, hindari memberikan minuman yang terlalu dingin.

 

  1. Tenangkan Melalui Sentuhan

Tahukah Bunda? Sentuhan dari seorang Ibu mampu menenangkan dan memberi rasa nyaman untuk Si Kecil, terutama ketika tidak dalam kondisi yang baik dan cenderung rewel.

 

Untuk itu, Bunda juga dapat memberi ketenangan, misalnya dengan memberinya pelukan. Sebab, sentuhan atau pelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang dapat memberi kenyamanan pada si kecil.

Sehingga dengan begitu, rewel si kecil akan reda dengan sendirinya dan merasa nyaman serta aman dengan sentuhan atau dalam pelukan Bunda.

Bunda, saat si kecil yang tumbuh gigi akan mengeluarkan liur lebih banyak sehingga sebaiknya sering-sering untuk mengelap wajahnya, terutama di area mulut dan dagu menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi. Hal ini untuk menghindari munculnya ruam kulit yang disebabkan air liur.

Sementara untuk meredakan rewel anak karena tidak nyaman akibat rasa nyeri atau gatal pada gusi yang mau tumbuh gigi, sebaiknya Bunda tetap tenang dan menjaga emosi. Hindari membentak atau memarahi Si Kecil. Hal ini akan membuat anak semakin rewel dan merasa tidak diperhatikan.

 

Jika rasa nyeri atau gatal pada gusi Si Kecil tidak mereda dan berlangsung dalam waktu yang lama, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter untuk menemukan penyebab dan solusinya.(Yola)

 

 

Leave a Comment