Cara Mengatasi Anak Rewel Setelah Imunisasi

Mom Sharing – Bunda, anak rewel setelah imunisasi? Tentu tidak menyenangkan, melihat keceriaan buah hati hilang akibat efek samping yang ditimbulkan usai imunisasi.

Namun, imunisasi menjadi cara terbaik untuk memberikan perlindungan pada anak agar tidak mudah terserang penyakit, seperti campak, polio, rubella, hepatitis B, pneumonia, diare yang disebabkan rotavirus, tuberkulosis, difteri, tetanus, pertusis, hingga kanker serviks. Sebab itu, Bunda harus memberikan imunisasi yang tepat pada anak agar terhindar dari penyakit.

Sayangnya, ada efek samping yang ditimbulkan setelah suntik imunisasi, mulai dari bengkah yang disertai kemerahan pada bekas suntikan, gejala flu, dan demam sehingga anak menjadi rewel. Selain itu, rasa sakit yang dirasakan saat imunisasi terkadang menimbulkan phobia terhadap jarum suntik pada anak.

Hal ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Akan tetapi, Bunda tidak perlu panik anak akan terserang penyakit, sebab hal tersebut biasa terjadi setelah anak mendapat imunisasi.

 

Namun tahukah Bunda? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan rewel bayi setelah imunisasi. Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi anak rewel setelah imunisasi seperti berikut ini:

  1. Ciptakan Suasana yang Tenang

Tak jarang, anak akan rewel setelah mendapat suntikan imunisasi. Sehingga, terkadang anak akan memberikan penolakan terhadap susu atau makanan.

Namun Bunda tak perlu panik dan khawatir, sebab hal ini biasa terjadi. Cara mereka rewel pada anak setelah imunisasi salah satunya dengan menciptakan suasana yang tenang.

Misalnya, Bunda dapat mengatur suhu pada ruangan untuk memberikan rasa nyaman untuk si kecil. Selain itu, kenakan pakaian yang tidak longgar dan nyaman pula pada anak.

 

  1. Berikan Pelukan pada Anak

Biasanya, anak akan merasakan sakit akibat suntikan setelah imunisasi. Setelah rasa sakit reda, tak jarang si kecil mengalami trauma terhadap jarum suntik.

Namun Bunda tidak perlu khawatir, cukup gendong dan berikan pelukan agar anak merasa aman dan nyaman.

Jika, sang anak masih merasakan sakit pada bekas suntikan, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter agar mendapatkan solusi yang tepat.

 

  1. Beri ASI pada Anak

Bunda, salah satu efek samping yang dirasakan anak setelah mendapatkan suntik imunisasi adalah demam sehingga si kecil menjadi lebih rewel. Tapi, jangan panik dan terburu-buru memutuskan untuk memberikan obat pada anak.

Untuk meredakan demam yang menjadi penyebab anak menjadi lebih rewel yaitu dengan memberikan ASI. Sebab menurut salah satu penelitian, anak yang mendapatkan ASI saat disuntik cenderung membuat anak sedikit menangis. Dengan demikian, demam pada anak akan reda.

Selain itu, ASI membantu mendorong hormon oksitosin pada anak dan Bunda keluar. Hormon oksitosin dapat membantu tingkat stres pada anak berkurang sehingga menjadi lebih tenang.

Bunda juga dapat memakaikan baju longgar yang nyaman pada buah hati. Namun jika demam tak kunjung reda, Bunda dapat menggunakan penurun panas yang tepat untuk sang anak serta sesuai dengan anjuran dari dokter. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan memberikan obat pada si kecil.

 

  1. Kompres Anak

Untuk mengatasi rasa sakit dan bengkak pada bekas suntikan imunisasi, Bunda tidak perlu terburu-buru memberikan obat. Kompres menggunakan kain yang sudah direndam air dingin.

Kompres air dingin ini akan mengurangi bengkak dan rasa sakit setelah disuntik imunisasi pada anak.

 

  1. Beri Gula

Tahukah Bunda? Ternyata, gula dapat membantu mengurangi sakit anak setelah disuntik imunisasi.

Bunda dapat memberi air gula sebelum anak mendapat suntikan. Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi rewel pada anak berusia di bawah 6 bulan.

 

  1. Ajak Anak Bermain

Selain cara-cara tersebut, untuk mengatasi rewel pada anak setelah imunisasi yaitu dengan mengajak buah hati bermain. Bermain dapat mengalihkan perhatian sang anak dari rasa sakit setelah disuntik.

Bunda, sebenarnya efek samping serius setelah imunisasi sangat jarang dialami anak. Namun untuk diketahui, beberapa gejala serius yang dialami anak setelah imunisasi yakni adanya reaksi alergi yang parah dan disertai sulit bernapas pada anak, demam tinggi, kejang, gatal-gatal yang disertai bintik merah, hingga hilang kesadaran.

Jika menemukan gejala tersebut, sebaiknya Bunda jangan panik dan segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(Yolaristania Vidiani)

 

About The Author

Reply