Cara Mengatasi Anak Rewel Tak Mau Makan

Bunda, sering rewel dan menolak untuk makan? Sebenarnya, si buah hati rewel tidak mau makan adalah suatu hal yang normal terjadi pada anak-anak.

Selain itu, rewel tak mau makan juga merupakan bagian dari perkembangan anak. Sebab saat masa perkembangannya, selera makan anak-anak memang akan mengalami naik turun. Hal ini tergantung pada tingkat tumbuh kembang serta keaktifan mereka. Saat memasuki masa balita, rewel tidak mau makan anak akan berkurang dan berhenti.

Akan tetapi, jika rewel dan menolak untuk makan pada anak berlangsung cukup lama tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Terlebih lagi, jika anak Bunda termasuk anak yang pemilih makanan. Untuk mengatasi hal ini, Bunda dapat melakukan konsultasi kepada dokter anak agar mendapatkan solusi untuk mengatasi rewel si kecil tak mau makan.

Selain itu, Mom Sharing  telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi anak rewel yang tidak mau makan seperti berikut ini:

  1. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Saat mengajak dan memberikan makan, tidak ada salahnya untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan untuk si Kecil. Misalnya, dengan mengajak anak makan di luar ruangan, seperti di taman. Bunda juga dapat menggunakan boneka jari atau hand puppet saat menyuapi si Kecil atau sambil mengajak anak bermain dengan mainan kesayangannya.

Suasana yang menyenangkan saat makan akan menumbuhkan semangat anak sehingga dengan senang hati menerima setiap suapan makanan dari Bunda.

 

  1. Beri Pujian

Bunda, anak yang rewel dan menolak untuk makan memang membutuhkan perhatian lebih. Ketika anak mulai menikmati setiap suapan makanan dari Bunda, tidak ada salahnya untuk memberikannya sedikit pujian.

Sedikit pujian untuk setiap makanan yang ia nikmati, akan memberikan rasa senang pada si Kecil sehingga bersemangat untuk menghabiskan makanannya.

 

  1. Jangan Paksa Anak untuk Makan

Menghadapi anak yang rewel tak mau makan, memang seringkali membuat frustasi sehingga memilih untuk memaksa anak agar mau makan.

Namun, sebaiknya hindari cara ini. Sebab memberikan paksaan kepada anak agar mau makan justru akan memberikan rasa trauma dan membuat waktu makan jadi momen yang menakutkan sehingga anak semakin rewel dan menolak setiap suapan makanan dari Bunda.

 

  1. Berikan Menu yang Bervariasi

Pada masa tumbuh kembangnya, tak jarang anak cenderung memilih-milih makanan dan hanya memakan makanan yang benar-benar ia sukai. Beberapa anak bahkan lebih menyukai susu daripada menyantap nasi atau roti.

Hal ini tentu dapat mengganggu proses perkembangan si Kecil. Untuk mengatasinya, Bunda bisa membuat menu bervariasi atau menyulap sayuran yang tidak ia sukai, seperti menjadi nugget sayuran.

Selain itu, Bunda juga bisa mengajak si Kecil untuk ikut menyiapkan menu makanannya di dapur, seperti mengocok telur dan menata roti di piring bergambar karakter kartun kesukaannya.

 

  1. Tata Makanan Lebih Menarik

Anak yang rewel dan menolak untuk makan memang sangat mengkhawatirkan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa menata makanan menjadi lebih menarik untuk mendapatkan perhatian si Kecil. Seperti, menata makanan menyerupai karakter kartun kesukaan anak-anak.

Selain itu, Bunda juga dapat mengajak anak dalam menata makanannya sendiri seusai keinginannya. Dengan begitu, rewel anak akan hilang dengan sendiri dan lebih bersemangat untuk menyantap makanannya.

 

  1. Jangan Nyalakan TV ketika Anak Makan

Anak rewel dan tak mau makan salah satunya disebabkan oleh sesuatu yang lebih menarik perhatiannya, seperti tayangan televisi. Terlebih lagi, jika tayangan yang ia tonton merupakan acara favoritnya sehingga akan menyita perhatian si Kecil pada makanan.

Sebab itu, sangat penting untuk menjauhkan hal ini ketika anak mulai menikmati makanannya. Jadi, sebaiknya matikan TV saat Bunda menyuapi si Kecil makan agar ia dapat menikmati makanannya dengan baik.

 

  1. Hindari Waktu Makan Anak yang Lama

Pada anak-anak yang sedang aktif, akan tidak menyenangkan baginya jika waktu makannya terlalu lama. Terlebih lagi, anak-anak sangat mudah merasa bosan sehingga akan cenderung rewel dan menolak untuk makan.

Untuk itu, hindari waktu makan yang terlalu lama untuk anak dengan porsi cukup. Bunda dapat menetapkan waktu makan hingga 20 menit untuk si Kecil yang rewel dan sering menolak makan.

Jika anak sudah mulai rewel dan menolak suapan berikutnya, sebaiknya hentikan waktu makan.(Yola)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment