Cara Mengatasi Anak Menangis Berlebihan

Melihat Si Kecil mudah menangis bahkan hingga tersedu-sedu tentu membuat Bunda khawatir dan kewalahan. Segala cara pun dilakukan untuk menghentikan tangis anak.

Menangis merupakan hal yang wajar dan cara anak mengekspresikan perasaannya terhadap sesuatu hal. Terlebih, anak-anak sulit mengungkapkan sesuatu terhadap hal-hal yang ia sukai ataupun tidak ia sukai. Sehingga, mereka cenderung akan menangis bahkan hingga berteriak. Akan tetapi seiring pertambahan usia, Si Kecil akan mampu belajar mengendalikan emosinya.

Namun, bagaimana jika tangis Si Kecil berlebihan hanya karena sesuatu yang sepele atau bahkan beberapa anak menangis tanpa sebab. Kondisi ini tentu membuat para orang tua menjadi bingung, dan terkadang kesal hingga menjadi emosi.

Lantas, bagaimana mengatasi tangisan Si Kecil yang berlebihan sehingga tidak menjadi anak cengeng? Untuk itu, Mom Sharing telah merangkum beberapa untuk mengatasi anak yang menangis berlebihan, seperti berikut ini:

  1. Ajak Si Kecil Komunikasi

Sejauh ini, komunikasi menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah dan memberikan pemahaman kepada seseorang. Tidak hanya orang dewasa, mengajak anak berkomunikasi juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengetahui keinginan Si Kecil.

Memang, umumnya saat anak menangis berlebihan akan sulit untuk mengungkapkan keinginannya atau ketidak sukaannya terhadap sesuatu. Namun bukan berarti Bunda tidak bisa mengajaknya berkomunikasi.

Bunda, tenangkan Si Kecil dan beri rasa nyaman dengan pelukan. Kemudian, ajarkan ia untuk mengungkapkan keinginannya. Dengan membangun komunikasi, anak akan lebih terbuka dan mampu mengungkapkan perasaan atau keinginannya.

 

  1. Hindari Bentakan

Anak yang menangis berlebihan seringkali membuat kesal, emosi, hingga membentak Si Kecil. Nah, sebaiknya jangan dilakukan sebab ini adalah cara salah yang sering terjadi ketika ingin menghentikan tangis Si Kecil.

Jika Bunda memarahi hingga membentak, Si Kecil justru akan semakin menangis. Bahkan, membuat Si Kecil ketakutan dan beranggapan bahwa Bunda tidak lagi menyayanginya.

Sebaiknya, kendalikan emosi sebelum Bunda menghentikan tangis Si Kecil yang berlebihan.

 

  1. Hindari Menuruti Seluruh Keinginan Anak

Seringkali untuk menghentikan tangis Si Kecil yang berlebihan, para orang tua rela melakukan segala cara dan memberikan apa saja yang diinginkan anak meski terkadang itu adalah sesuatu yang salah.

Nah, sebaiknya hindari untuk menuruti semua keinginan anak. Beri Si Kecil pemahaman, bahwa tidak semua yang ia inginkan baik untuknya. Kemudian, tidak ada salahnya bukan, untuk mengajari hal yang baik dan buruk sedari dini.

Selain itu, jika menuruti semua keinginannya, Si Kecil akan menjadi manja. Sehingga, ketika Bunda menolak memberi sesuatu ia akan berontak dan susah di atur ketika sudah lebih besar.

 

  1. Alihkan Perhatian Anak

Mengasuh dan mendidik anak memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Bunda tidak hanya harus bersabar, namun juga harus pintar dalam mengendalikan emosi Si Kecil, terlebih lagi jika anak sering menangis.

Bunda, anak yang menangis tidak jarang karena menginginkan sesuatu. Untuk meredakan tangisan anak yang berlebihan, Bunda dapat mengalihkan perhatiannya. Misalnya dengan mengajaknya bermain dengan mainan favoritnya atau melakukan aktivitas yang menjadi kegemarannya.

 

  1. Beri Pelukan dan Nyatakan Rasa Sayang

Bunda, terkadang sulit mengerti keinginan anak yang menangis berlebihan. Sehingga, tak jarang apa yang ia inginkan tidak di respon dengan baik. Akibatnya, anak akan cenderung berpikir bahwa Bunda mengabaikannya dan tidak menyayanginya lagi.

Sebab itu, redakan tangisan Si Kecil dengan memeluknya agar ia lebih tenang sambil mengatakan bahwa Bunda sangat menyayanginya.

Selain beberapa cara tersebut, sebaiknya hindari untuk mengatakan ”Jangan Menangis” atau ”Berhenti Menangis” sebagai cara menghentikan tangisan Si Kecil, apalagi jika diucapkan dengan kesal dan membentak.

Meski sepele, ternyata cara ini justru membuat anak berpikir bahwa orang tuanya tidak peduli atau mengabaikan perasaan Si Kecil. Sebaiknya, segera berikan respon kepada Si Kecil. Selain untuk mengetahui keinginannya, cara ini lebih tepat untuk mengajarkan anak mengelola emosinya secara positif.

Hal terpenting ketika menghadapi anak yang menangis berlebihan, Bunda harus tetap tenang. Jika, Bunda kesal, ucapan Bunda akan cenderung mengandung amarah sehingga justru membuat Si Kecil semakin menangis.

Sebab itu, cobalah sejenak mengambil napas untuk mendinginkan pikiran dan perasaan Bunda. Kemudian, fokus untuk mengatasi anak yang menangis berlebihan dengan cara yang baik dan benar.(Yolaristania Vidiani)

About The Author

Reply