Penyebab bayi muntah setelah minum susu formula

Ada beberapa ibu yang tidak bisa memproduksi ASI yang baik dan lancar, sehingga bayi yang baru dilahirkan tidak bisa merasakan ASI dari ibu dan bayi hanya bisa mengkonsumsi susu formula dan hanya mendapatkan nutrisi melalui susu formula melainkan dari ASI.  Namun ada juga sisi buruk dari mengkonsumsi susu formula salah satu penyebabnya bayi akan mengalami muntah setelah mengkonsumsi susu formula.

bayi muntah kuning – Bunda perlu mengetahui bahwa jika bayi mengalami muntah, terutama pada saat usianya yang masih berusia beberapa minggu hal ini juga sering disebut dengan gumoh. Peristiwa ini diakibatkan karena cincin dari otot penghubung atau efagus, dan tenggorokan, pada bagian lambung tidak aka tertutup dengan sempurna. Permasalahan seperti ini akan membaik dengan sendirinya ketika bayi bertambah usia 4-5 bulan.

Berikut ini adalah penyebab bayi muntah setelah minum susu formula:

  1. Bayi aktif

Bayi yang biasanya disebut dengan aktif, atau terlalu aktif biasanya dapat memicu muntah-muntah ketika selesai meminum susu formula. Bayi tersebut akan cenderung terlalu banyak bergerak, rewel, tubuh menggeliat, menangis kuat dan terkadang juga sampai terbatuk-batuk, hal ini mengakibatkan tekanan pada perut bayi sehingga tekanannya terlalu tinggi yang mengakibatkan bayi mengeluarkan kembali susu yang sudah berada di dalam perut.

 

  1. Posisi yang salah ketika ibu memberikan susu kepada bayi

Bayi akan cenderung memiliki kebiasaan muntah ketika bunda memberikan susu kepada bayi dengan posisi yang tidak sempurna seperti. Berbaring terlentang, sehingga cairan susu tersebut masuk kedalam tubuh sehingga akan berisiko, dan susu tersebut akan masuk ke saluran pernapasan yang seharusnya susu tersebut harus masuk ke dalam pencernaan. Yang dikarenakan penyebab bayi memuntahkan kembali susu yang telah diminumnya.

 

  1. Berlebihan ketika mengkonsumsi susu formula

Bayi akan mengalami muntah-muntah ketika susu formula yang dikonsumsinya melebihi dari kapasitas lambung bayi, hal tersebut terjadi akibat makanan yang terlebih dulu masuk kelambung bayi dari pada susu dan ditambah dengan suapan mpasi. Hal ini dikarenakan bayi terasa mual dan kapasitas di perutnya terlalu terisi penuh.

 

  1. Pencernaan pada bayi terganggu

Saat bayi atau balita yang masih proses metabolisme serta fungsi dari pencernaan yang berhubungan dengan pergerakkan otot, pada saluran pencernaan tersebut akan peristaltik terhadap bahan-bahan makanan yang akan melewati usus yang belum bekerja secara sempurna. Oleh sebab itu bayi sering mengalami muntah-muntah karena pencernaan tersebut memiliki gangguan.

 

  1. Alergi

Hal ini mengakibatkan bayi akan mengalami muntah-muntah, karena alergi terhadap protein yang mengandung dari susu formula dan mungkin juga dari susu ASI.

 

  1. Susu yang dikonsumsi tidak cocok

Bayi bisa saja tidak cocok dengan susu formula yang bunda pilih, untuk bayi yang masih berusia dibawah dari satu tahun direkomendasikan agar mengkonsumsi formula yang banyak memiliki kandungan protein.

 

  1. Mempunyai penyakit GERD

GERD yaitu singkatan dari kata gastroesophageal reflux. Bayi yang mempunyai penyakit ini biasanya akan mengalami ketika otot dengan tenggorokan pada lambung bayi tidak akan berfungsi atau bekerja, dikarenakan penyakit GERD ini menyebabkan bayi akan mengalami gejala asam lambung dan susu tersebut akan naik kembali ke tenggorokan.

 

  1. Terinfeksi virus dan bakteri

Bayi mengalami muntah-muntah diakibatkan karena adanya pencernaan,  penyakit dari usus bayi yang mempunyai bakteri dan juga virus. Yang mengakibatkan bayi mengalami gejala diare, tidak nafsu makan, sakit perut, demam dan disertai dengan muntah ketika bunda memberi susu kepada bayi.

 

Nah, dari ke- 8 Penyebab bayi muntah setelah minum susu formula. Sudah dijelaskan satu persatu akibat dan penyebabnya, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu bunda mengetahui apa saja gejala yang sedang di alami si kecil. Selamat membaca. (Nanda )

 

 

Leave a Comment