Cara mengatasi bayi muntah kuning

Cara mengatasi bayi muntah kuning – Kesehatan si kecil adalah hal yang sangat penting bagi orang tua, ketika bayi sedang sakit maka kedua orang tua akan khawatir dan bertindak dengan membawanya langsung ke Puskesmas atau Dokter. Kesehatan pada bayi adalah hal yang paling sulit karena terdapatnya organ yang masih baru berkembang dan masih mengalami tahapan dari perkembangan setelah bayi dilahirkan, salah satu gejala yang sering terjadi bayi yaitu muntah kuning. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan bayi yang baru lahir mengalami muntah-muntah, hal ini sering kali terjadi dan merupakan hal yang sudah biasa. Bagaimana cara mengatasi bayi muntah kuning?

 

Penyebab terjadinya muntah kuning pada bayi

Berikut ini adalah penyebab terjadinya muntah kuning pada bayi:

 

  1. Perut bayi kosong

Penyebab yang pertama yaitu tidak ada asupan yang masuk ke dalam perut bayi sehingga perut bayi menjadi kosong dengan waktu yang cukup lama, hal ini terjadi akibat bayi menolak ketika bunda memberi minuman susu ASI dan susu formula. Permasalahan ini sering terjadi sehingga bayi sering mengalami muntah-muntah, memang tidak banyak bayi yang mengalami gejala seperti ini. Memang ada juga bayi yang alergi minum susu sapi sehingga mengakibatkan sering muntah kuning, sebaiknya bunda menggantikan susu formula dengan susu kedelai.

  1. Masalah kesehatan bayi terhadap obstruksi usus

Ketika bayi mengalami penyumbatan usus, maka yang akan terjadi yaitu susu ASI atau susu formula di dalam akan masuk kedalam usus kecil pada bayi. Gejala ini akan mengakibatkan peradangan yang bisa membuat bayi mengalami muntah kuning. Ada beberapa banyak masalah kesehatan yang memicu dari gejala obstruksi usus pada bayi seperti, sembelit, hernia yang membutuhkan pengobatan tanpa melakukan operasi, penyakit radang usus sejak dilahirkan sehingga terjadinya tumor pada saluran pencernaan pada bayi.

 

  1. Perkembangan usus yang tidak sempurna

Gejala ini memicu dari masalah obstruksi usus yang mengakibatkan bayi sering mengalami muntah kuning. Muntah kuning terjadi akibat perkembangan bayi tidak sempurna, jika hal ini terjadi muntah yang akan di keluarkan tidak muntah kuning lagi melainkan akan mengeluarkan muntah hijau. Kasus ini sebaiknya langsung di tangani oleh Dokter dan membutuhkan perawatan segera.

 

  1. Kondisi refluks empedu

Kondisi ini biasanya terjadi akibat bayi selalu mengalami muntah kuning dan terkadang juga mengeluarkan muntah hijau. Gejala ini sangat kompleks dan juga berdampak buruk bagi bayi, selain muntah kuning bayi akan mengalami penurunan berat badan. Sehingga bayi tidak menerima asupan apaun yang di mulai dari susu ASI atau susu formula, maupun mpasi. Jika gejala ini terjadi akan mengakibatkan penyakit cairan empedu yang akan keluar dan mencapai ke esofagus dan mengalir ke dada sehingga terjadi muntah kuning dan hijau.

 

  1. Adanya gejala ulkus peptikum

Gejala ulkus peptikum ini mengakibatkan bayi akan mengalami muntah kuning. Gejala ini akan terjadi ketika adanya ulkus peptikum pada bayi sehingga bisa merusak fungsi katup pilorus sehingga cairan empedu akan masuk kedalam perut bayi, oleh sebab itu bayi akan sering mengalami muntah kuning.

 

  1. Keracunan ketika mengkonsumsi makanan

Ketika bayi mengkonsumsi makan bunda harus teliti memberinya asupan, karena makanan yang masuk kedalam perut tergolong makanan yang baik atau tidak. Jika tidak teliti akan berdampak buruk terhadap kesehatan bayi.

Terkadang hal yang sering terjadi bayi yang keracunan makanan, kemudian bunda menangani langsung dengan memberikan susu ASI kepada bayi. Maka yang terjadi yaitu bayi akan langsung mengeluarkan muntah kuning dan juga muntah hijau. Keracunan pada bayi akan terus menerus mengalami diare, perut terasa kembung, sehingga tubuh bayi semakin melemah.(Nanda)

 

About The Author

Reply