Bahaya walker pada bayi

Mom Sharing – Dengan seiring berjalannya waktu bayi akan bertumbuh besar, dan mempunyai momen-momen yang di tunggu oleh kedua oran tua seperti, berjalan dan berbicara walaupun hal tersebut masih terbata-terbata yang di lakukan si kecil. Agar bayi berjalan dengan lancar biasanya kedua orang tua untuk menuntut bayi agar menggunakan walker. Alat ini memang berfungsi untuk melatih bayi berjalan, tetapi yang harus anda ketahui banyak para pakar kesehatan beranggapan menggunakan baby walker memiliki sisi baik dan buruk terhadap bayi.

Sebelum membahas dampak bahaya menggunakan baby walker yang perlu anda ketahui terlebih dahulu yaitu, apa itu baby walker? Baby walker adalah gerobak dorong yang bisa di gunakan bayi untuk melatih berjalan. Baby walker ini terbuat dari bahan plastik yang keras, dan mempunyai roda di bagian bawah, adapun baby walker yang berbentuk baby stasioner ketika digunakan hanya berputar-putar, meskipun hanya bisa sedikit membantu bayi untuk berjalan. Ternyata benda yang bisa membantu bayi berjalan ini memiliki dampak yang berbahaya, berikut ini adalah bahaya walker pada bayi:

  1. Menghambatnya pertumbuhan pada tulang belakang bayi

Hal ini telah di jelaskan oleh para pakar kesehatan, bahwa baby walker bisa menghambat pertumbuhan pada tulang belakang bayi. Sehingga baby walker ini tidak baik digunakan walaupun memiliki kegunaan untuk melatih bayi berjalan.

 

  1. Menghambat kecerdasan pada bayi

Dari akademi Of Pediatrics sudah menyarankan agar tidak menggunakan baby walker, karena akan berdampak buruk terhadap bayi. Dikarenakan terjadinya penghambatan kecerdasan pada otak bayi dan bisa membuat keterlambatan pertumbuhan pada bayi.

 

  1. Akan berisiko jatuh di tangga

Jika anda memiliki bagian tangga di rumah sebaiknya jangan biarkan bayi anda menggunakan baby walker, karena ada beberapa komisi keamanan beranggapan bahwa sebagian besar bayi cedera ketika menggunakan baby walker dan berjalan ke tepi tangga hingga terjatuh.

 

  1. Akan berisiko kematian karena kecelakaan

Tidak hanya jatuh ketika memakai baby walker, melainkan dari berisiko kematian yang dikarenakan kecelakaan yang tak terduga. Ada beberapa ahli medis mengatakan bayi yang sedang menggunakan baby walker akan menggapai benda yang ada di dekatnya seperti meja, kursi dan lain-lainnya. Sehingga benda tersebut akan menimpa bayi dan mengakibatkan kecelakaan karena menggunakan baby walker.

 

  1. Kehilangan keseimbangan ketika menggunakan baby walker

Dampak dari menggunakan baby walker ini sangat berbahaya, karena ketika penggunaan baby walker bayi akan kehilangan keseimbangan hingga bisa menyebabkan bayi jatuh.

 

  1. Berisiko akan mengalami luka di bagian kepala

Ketika menggunakan baby walker hal yang seperti in harus benar-benar diperhatikan,

Karena akan bisa mengakibatkan bayi jatuh dan kepala terbentur ke belakang. Ada beberapa pemahaman dari pakar kesehatan bahwasanya jika bayi menggunakan baby walker bisa menyebabkan cedera pada kepala bayi. Karena di bagian tersebut bayi belum kuat, tulang pada tenggorokannya yang masih lembut, dan otak yang masih berkembang. Cedera ini akan mengakibatkan fatal dan memerlukan waktu yang lama untuk memulihkannya.

Nah, dari ke enam penjelasan bahaya baby walker pada bayi diatas, orang tua harus berhati-hati ketika membiarkan anak menggunakan baby walker dan memerlukan pengawasan atau selalu berada di samping anak. Karena tubuh bayi masih lembut dan tulangnya pun belum keras. Dampak-dampak yang berbahaya dari baby walker telah di jelaskan satu persatu, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.(Nanda)

 

 

 

Leave a Comment