Gendongan yang baik untuk bayi baru lahir

Mom Sharing – Kelahiran si kecil adalah momen yang ditunggu oleh pasangan kekasih, dengan rasa yang tidak  sabar dan dicampur dengan rasa yang begitu cemas semua perasaan yang bergabung sedih dan gembira. Dengan memiliki rasa yang begitu tidak sabar semua perlengkapan yang dibutuhkan sang bayi telah dipersiapkan begitu juga dengan perawatan bayi ketika sesudah lahir seperti, popok bayi, gendongan, tempat tidur, baju dan lainnya.

Bayi yang sudah lahir tentunya menginginkan kasih sayang penuh kepada kedua orang tua, salah satu yang dilakukan yaitu mengendong bayi. Terkadang pasangan yang baru pertama kali yang mempunyai anak bingung cara menggendongnya, karena jika gendongan yang posisi salah akan membuat bayi terluka atau cedera. Jika bunda ingin mengendong bayi yang baru lahir harus melakukan dengan cara yang berhati-hati, karena bayi yang baru lahir masih kondisi yang sangat lemah. Mengendong bayi yang baru lahir tidak boleh dengan cara yang sembarangan dan kasar, bisa mengakibatkan dampak yang sangat fatal.

Berikut ini adalah tips mengendong bayi yang baru lahir, dengan cara yang baik dan benar:

  1. Menimang bayi

Dengan cara menimang bayi merupakan salah satu cara yang sering kali dilakukan ketika bunda mengendong si kecil. Jika bunda ingin mengendong bayi dengan cara seperti ini adalah cara yang sangat mudah, yang pertama angkat bayi perlahan dengan keadaan berbaring, kemudian ayun dengan gerakan perlahan. Bunda bisa mengendong dan menimang bayi dengan penuh kasih sayang.

 

  1. Mengendong dan memeluk bayi

Dengan cara mengendong dan memeluknya merupakan metode ketika bayi selesai diberi susu ASI, caranya yaitu, gunakan tangan kanan atau tangan kiri anda ketika mengangkat bayi, sedang tangan yang lainnya gunakan sebagai menyongkong bokong agar tubuh bayi sama dengan tubuh anda. Pada posisi yang seperti ini anda bisa mengendong sambil memeluk bayi dan pastikan hidung bayi tidak tertutup.

 

  1. Mengendong bayi sambil menyusui ASI

Ketika anda ingin mengendong bayi, anda bisa melakukan dengan cara berdiri maupun sedang duduk. Asalkan posisi bayi yang digendong dengan cara baik dan benar, jika bayi sedang menyusui ASI anda bisa menambahkan bantal di belakang kepala bayi.

 

  1. Mengendong dengan cara tengkurap

Dengan cara metode tengkurap ini anda bisa mengendong bayi, dan juga bisa melakukannya  ketika bayi sedang rewel dan menangis. Caranya yaitu letakkan kepala bayi ke lengan anda atau di ujung telapak tangan, dan juga bisa menggunakan bantal untuk menopang bagian tubuh bayi. Dan pastikan wajah bayi tidak tertutup. Dengan cara mengendong seperti ini anda akan mendapatkan kebebasan untuk menepuk punggung bayi dengan cara perlahan.

 

  1. Ketika mengendong bayi hindari mengguncang bayi anda

Jika ada menggendong bayi hindari dengan cara mengguncangnya, karena hal tersebut bisa mengakibatkan pendarahan pada otak bayi sehingga pembekuan darah. Tidak hanya itu yang harus di hindari melempar-lempar bayi atau mengayunnya ketika orang tua menimangnya, seringkali terjadi pada anak beusia 5-6 tahun.

Sebaiknya ketika anda menggendong bayi, manfaatkanlah   momen dan tataplah bayi tersebut dengan wajah yang penuh kasih sayang. Tidak dengan cara mengayun dan melemparnya.

Nah, inilah ke lima tips mengendong bayi baru lahir. Agar bisa membantu anda bagaimana cara menggendong bayi dengan posisi yang baik, artikel diatas menjelaskan satu persatu bagaimana cara menggendong. Semoga artikel ini bermanfaat dan di praktekkan dengan cara yang benar, selamat membaca.(Nanda)

 

About The Author

Reply