Bayi tumbuh gigi badan panas

Mom Sharing – Pada pertama kalinya bayi akan mengalami pertumbuhan gigi, hal tersebut adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh kedua orang tua. Namun dengan tumbuhnya gigi tentunya bayi akan melewati rasa yang tidak mengenakkan seperti rewel, tidak enak badan atau demam panas, hal ini mengakibatkan bayi akan rewel dan merasakan gusi gatal yang disertai dengan rasa sakit. Bunda tidak perlu cemas jika sang bayi mengalami demam panas, karena hal ini sering terjadi ketika gigi bayi tumbuh pertama kalinya.

Gigi bayi yang sudah mengalami pertumbuhan dan terbentuk sehingga berkembang di dalam gusi yang menumbuh sejak di dalam kandungan. Bahkan hal ini terjadi ketika bayi sudah lahir dengan tumbuhnya gigi pertama kalinya. Tetapi pada umumnya gigi yang pertama kalinya tumbuh pada bayi yang berusia 5-6 bulan, gigi yang tumbuh biasanya muncul pada gigi bawah yang paling depan yang diikuti dengan gigi atas paling depan. Ketika berusia 3 tahun gigi pada balita akan tumbuh lengkap.

Ada beberapa cara yang bisa mengatasi agar bayi tidak rewel, yang bisa dilakukan orang tua sehingga bayi tersebut akan merasakan kenyamanan ketika gigi tumbuh. Berikut ini adalah tips agar bayi tidak rewel atau demam panas ketika tumbuh gigi:

  1. Memberikan mainan kepada bayi seperti Teether

Mainan teether ini adalah mainan yang berbentuk melingkar dan mudah di pegang oleh bayi, ketika di masukkan ke mulut akan aman asalkan mainan tersebut selalu bersih. Teether ini alangkah lebih baiknya di cuci bersih dan diinginkan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin, hal tersebut dilakukan agar gigi pada bayi tidak akan terasa gatal.

 

  1. Cemilan yang sehat

Ketika bayi merasakan rewel, bunda juga bisa memberikan cemilan seperti biskuit, potongan wortel, buah apel, agar bayi tidak terus-terusan menangis. Jika ingin memberikan bayi cemilan, sebaiknya cemilan tersebut tidak mengandung gula, seperti cokelat, permen, agar gigi yang akan tumbuh akan selalu bagus.

 

  1. Minuman dingin

Minuman yang dingin dan bebas dari campuran gula bisa membantu pencegahan dari gigi gatal, alangkah baiknya minuman tersebut tidak terlalu dingin.

 

  1. Mengusap gigi bayi dengan cara perlahan

Mengusap gigi bayi dengan perlahan akan membantu meredakan rasa gatal. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kain flanel yang kecil agar gigi pada bayi tidak terluka dan memberinya rasa nyaman.

Ketika bayi merasakan gatal-gatal pada gigi, sang bayi akan memasukkan sesuatu benda ke dalam mulutnya sehingga mengeluarkan air liur yang banyak. Hal ini sering terjadi untuk menghindari terjadinya ruam pada kulit akibat air liur, bunda bisa menggunakan kain yang lembut untuk mengelap air liur di tubuh bayi.

Jika gigi mulai tumbuh, sebaiknya bunda harus menghindari makanan yang mengandung gula karena makanan tersebut akan mengakibatkan gigi berlubang. Oleh karena itu yang harus dikonsumsi bayi  yaitu minuman ASI atau susu formula dan juga diselingi air putih, agar gigi yang tumbuh akan selalu tetap terjaga dengan baik.

Ada beberapa pemahaman dari para ahli yang mengatakan, ketika bayi mengalami penumbuhan gigi pertama kalinya akan disertai dengan gejala diare dan demam panas. Hal ini sering terjadi karena adanya virus dan kuman yang masuk kedalam tubuhnya, jika bayi mengalami gejala demam panas dan gejala lainnya sebaiknya bunda membawanya ke Dokter agar gejala tersebut diketahui penyebab dan segera diatasi.(Nanda)

 

 

 

 

Leave a Comment