Bolehkah MPASI di Blender?

Home » Bolehkah MPASI di Blender?

Bolehkah MPASI di Belender?

Mom Sharing – Adakah berpengaruh jika MPASI yang diolah dihaluskan dengan menggunakan blender?

Terkadang kebanyakan orang ketika menghaluskan makanan pendamping dari ASI, terkadang bidang menggunakan blender sebagai alat untuk menghaluskan MPASI. Nah, adakah efek yang berbahaya jika olahan tersebut berpengaruh terhadap nutrisi MPASI?

Ada beberapa pakar kesehatan maupun dokter ahli gizi menyatakan, ketika anda ingin menghaluskan makanan menggunakan blender maka hasil yang akan dihasilkan yaitu panas dari putaran pisau blender akan mengurangi beberapa zat gizi terutama vitamin dari makanan tersebut, sehingga kandungan vitamin yang terdapat di makanan tersebut berkurang.

Yang mengakibatkan makanan tersebut mengandung volume makanan bayi yang bertambah menjadi lebih besar. Sehingga vitamin dan gizi makanan tersebut akan hilang atau terbuang, dalam arti kata jika olahan MPASI di blender secara keseluruhan akan bercampur dengan air. Oleh sebab itu disarankan untuk anda mengolah MPASI menggunakan cobek, ulekan, dan lumpang. Sehingga kandungan dari makanan tersebut tidak akan hilang. Lagipula makanan yang sudah dihaluskan menggunakan blender bayi dan susah move dari tekstur makanan tersebut.

Berikut ini adalah olahan makanan yang biasanya dijadikan MPASI menggunakan blender:

  1. Wortel

Orang dewasa ataupun tua biasanya suka dengan rasa wortel yang memiliki cita rasa yang manis, apalagi jika wortel ini di olah menjadi MPASI bayi akan menyukai makanan ini. wortel ini memiliki kandungan Vitamin A yang bagus untuk bayi. Biasanya kebanyakan bunda mengolah MPASI ini menggunakan blender, jika olahan tersebut diblender otomatis akan menggunakan air. Yang mengakibatkan kandungan dari wortel tersebut akan hilang dan tekstur bur tersebut terlalu halus.

  1. Jagung

Jagung juga bisa diolah menjadi MPASI, buahan ini memiliki cita ras yang manis dan mempunyai kandungan yang kaya akan Vitamin dan karbohidrat. Dengan tingginya kandungan yang dimiliki jagung jika dihaluskan menggunakan blender kandungan tersebut akan hilang sama dengan olahan MPASI yang lain.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli biasanya diolah bunda menjadi MPASI yang sehat, bahwasanya sayuran ini juga meiliki kandungan Vitamin C yang setara dengan kandungan dari buah jeruk. Brokoli ini juga menyediakan khasiat dari Vitamin B1, B2, B3, B6. Dan di sertai dengan Zat besi , Magneium, kalium, dan serat. Ternyata brokoli memiliki segudang manfaat yang baik untuk bayi. Tapi khasiat ini akan hilang jika sayuran ini diolah menggunakan blender, yang dikarenakan sayuran tersebut di haluskan menggunakan air dengan jumlah yang banyak.

  1. Bayam

Salah satu olahan yang bisa dijadikan MPASI yaitu sayur bayam, bayam menyediakan Vitamin A yang tinggi sehingga meningkatkan fungsi mata bayi. Tidak hanya itu sayur bayam ini juga memiliki kandungan folat yang akan meransang proses produksi dari sel darah merah sehingga bayam ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk bayi. Cara pengolahan pure bayam ini tahapan utama yaitu, rebus terdahulu, tunggu tekstur daun bayam menjadi layu, setelah itu cuci bersih bayam dan blender bayam sudah direbus. Seperti yang kita ketahui jika MPASI yang diolah menggunakan blender akan hilang khasiatnya.

Nah, penjelasan di atas telah membuktikan bahwa olahan bayi yang berupa pure atau MPASI. Jika diolah menggunakan blender semua kandungan dari buah-buahan, sayur, akan hilang khasiatnya. Tetapi kebanyakan bunda yang sudah terbiasa menggunakan blender ini sebagai alat untuk menghaluskan sehingga makan tersebut menjadi bubur dan lembut. Setelah di bahas ternyata efek dari pisau blender yang panas telah menghilangkan nutrisi dari MPASI, semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa dipahami. (Nanda)

Scroll to Top