Jadwal Pemberian MPASI Perdana

Jadwal Pemberian MPASI PerdanaMom Sharing – Agar kebutuhan gizi bayi terpenuhi, maka tindakan orangtua harus memperhatikan jadwal untuk memberikannya asupan makanan. Yang melalui frekuensi, porsi, jumlah takaran, tekstur makanan, dan jenis MPASI yang akan dikonsumsi bayi.         Tentu saja pemberian MPASI maupun pendamping dari ASI, pemberian ini akan dilakukan secara bertahap yang akan di sesuaikan dengan usia perkembangan bayi dan dimulai dari usia 6 bulan. Makanan tersebut akan bertekstur lembut seperti bubur atau pure. Sehingga bahan seperti buah-buahan, beras, sayur dan lain-lainnya menjadi sebuah MPASI.

Tahapan dari   pemberian MPASI perdana

Pemberian dari MPASI pertama sangat lah berguna bagi stimulasi bayi, yang dimulai dari gigi, dan melatih kemampuan dari motorik bayi. Tahapan yang kan dilakukan seperti memegang makanan sendiri, menu makanan yang akan di sajikan untuk sang bayi berbentuk lunak dan tidak terlalu encer, porsi yang akan di sajikan bayi hanyalah sedikit. Jika bayi sudah memulai MPASI perdana mulailah secara bertahap untuk menambahkan kekentalannya. Kenalkan bayi sejak usia 6 bulan untuk mengkonsumsi asupan MPASI, ketika bayi sudah terbiasa kenalkan rasa dan olahan MPASI lainnya, agar bayi tidak bosan dengan menu itu saja. Hal ini dilakukan agar bunda mengetahui apakah bayi mengalami alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.

Olahan dari MPASI bisa dikombinasikan beberapa macam buah-buahan seperti, pisang raja, pisang ambon, labu, jeruk, dan juga bisa menggunakan olahan sayur seperti, sayur bayam, sayur kangkung, wortel. Pilihlah buah-buahan yang tidak mengandung getah karena bisa mengakibatkan bayi terkena diare. Buatlah jus yang dicampur dengan susu, setiap jenis buahan yang akan dikonsumsi sebaiknya diberikan 2-3 hari berturut-turut agar bayi tidak bosan dan mengenal rasa.

Jika si kecil telah mengenal rasa buah, hal yang harus anda lakukan yaitu menambahkan bubur susu, dan beralihlah ke menu seperti    buah yang dilumatkan dan hidangkan bubur susu. Gunakanlah sebuah sendok untuk menyuap bayi. Apabila bayi tidak mau menelan makanan, diharapkan tidak memaksakan bayi agar tetap menelan makanan tersebut. Yang harus anda lakukan yaitu membujuknya untuk makan, dan juga bisa dengan cara menunda asupan makanan.

Jika si kecil sudah memasuki usia 7 bulan, selain menu makanan dari bayi berusia 6 bulan yang berupa MPASI buah dan sayur. Mulailah mengajarnya untuk mengkonsumsi bubur saring. Dan pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti, beras, kentang, kacang hijau, makaroni dan roti. Tidak hanya itu lengkapilah makanan tersebut dengan protein hewan dan minyak nabati. Campurkan makanan tersebut dengan cara di blander agar MPASI halus dan teksturnya lembut, tahapan yang pertama berilah 2 sendok  makan sekali untuk 2-3 hari sekali, selanjutnya lakukan dengan tingkatan jumlah porsi sebanyak 7 sendok makan.

Berikut ini adalah Jadwal pemberian MPASI perdana:

  1. Jam 06.00-07.00 ketika bayi bangun tidur berilah susu ASI atau susu Formula.
  2. Jam 09.00 mengkonsumsi asupan bubur susu.
  3. Jam 11.00-12.00 berilah bayi buah-buahan yang sudah di bersihkan dan aman ketika di konsumsi.
  4. Jam 14.00 mengkonsumsi asupan bubur susu.
  5. Jam 17.00 berilah bayi buah dan biskuit yang dicampur dengan kandungan susu.
  6. Jam 18.00 waktunya memberi bayi ASI.

Nah, bagi anda yang ingin menerapkan jadwal pemberian MPASI perdana untuk bayi berusia 6 bulan. Tentunya makanan tersebut memiliki varian rasa dan menu yang berubah-ubah agar si kecil tidak merasa cepat bosan dengan menu itu-itu saja, semoga artikel diatas bermanfaat dan membantu anda. Selamat membaca. (Nanda)

About The Author

Reply