Anak bayi ketawa saat tidur

Mom Sharing – Pernahkah tanpa anda sadari melihat bayi ketawa saat tidur? Tentu ketika anda melihatnya langsung tersenyum sambil tertawa keras, dengan pantas anda akan berlari ke arah bayi tersebut bimbang akan membuatnya terbangun.

Pernahkah terlintas dipikiran anda kenapa bayi ketawa saat tidur? Adakah dengan hal tersebut berkaitan dengan pikiran atau bayi tersebut sedang mengalami mimpi indah?

Jika bayi sedang mengalami ketawa saat tidur bukanlah sesuatu yang aneh, hal tersebut sering dialami oleh kebanyakan bayi. Tanpa ada alasan apapun tentang hal ini.

Ada beberapa teori yang mengatakan penyebab anak bayi ketawa, salah satunya menurut mitos masyarakat Indonesia. Konon bayi mempunyai suatu kepekaan akan ada kehadiran makhluk halus atau makhluk gaib, maka dari itu bayi yang baru lahir atau sedang berusia sekitar 6 minggu ke atas selalu tersenyum bahkan tertawa sendiri dalam tidurnya. Yaitu biasa kerap terjadinya dikatakan ada beberapa makhluk halus mengajaknya bercanda.

Ketika bayi tidur ada gerakan mata yang bergerak sangat cepat yaitu rapid eye movement atau (REM), pada tubuh bayi yang sedang mengalami suatu perubahan fisiologis yang sedang mengaktifkan suatu refleks tertentu. Yaitu dari salah satunya adalah senyum dan diiringi ketawa.

Ada sesorang yang menegaskan bahwa senyum bayi pada saat masa-masa awalan dari hidupnya adalah suatu reaksi fisik dan juga pertanda dari emosional. Suatu gerakan refleks lain yang biasanya muncul seketika pada saat tidur adalah gerakan refleks atau terkejut. Yang mana di saat kedua tangan bayi akan bergerak terangkat ataupun reflek mengisap jari.

Ekspresi senyum adalah sebuah kemampuan bayi yang sangat dominan dan dimiliki bayi sejak usia dibawah satu tahun, dan berbandingan dari respon dari cara melihat, mendengar, maupun merasakan. Pada tahap ini senyum bayi masih belum juga menjadi suatu respon sosial. Melainkan dari sebuah pengalaman sensorik, refleks dan tersenyum paling sering terjadinya muncul ketika bayi tidur dan di saat masa transisi di waktu bangun dan juga tidur.

Senyum refleks pada bayi yang masih berusia 6 mibggu ke atas dari awalan kehidupannya, akan diyakini sebagai suatu naluri dan juga kelangsungan hidup. Terkadang mereka juga bisa tersenyum di saat ingin buang angin. Refleks ini akan menjaga bayi dari rasa aman. Nah, dengan sedemikian rupa bayi tersenyum ketika sedang tidur atau menurut masyarakat Indonesia menyatakan bayi diajak bercanda makhluk halus itu adalah sebuah mitos dan tidak benar.

Senyum refleks ini pada awalnya terjadi pada bayi yang sedang berumur 3 hari, dan pada seterusnya anda akan melihat suatu gerakan refleks tersebut dari si kecil hingga berusia 2 bulan. Dengan seiring bertambahnya usia bayi akan semakin lebih tampak kelihatan gerakan refleks. Karena di saat bayi berusia 6-8 minggu bayi akan memamerkan senyumannya dan diiringi ketawa hal tersebut adalah hal yang sangat menyenangkan ketika dilihat oleh kedua orang tua bayi.

Nah, dari penjelasan diatas yang mengenai anak bayi ketawa saat tidur sudah dibahas secara detail dan terperinci. Bahwa tahapan bayi mulai tersenyum dan diiringi tertawa dimulai dari usia 3-6 minggu ke atas dan seterusnya, bayi saat tidur adalah suatu gerakan refleks seketika, melainkan dari sebuah mitos yang pernah diucapkan oleh masyarakat Indonesia karena hal tersebut tidak benar. Dari pembahasan di atas sudah menjawab mengapa bayi tertawa saat tidur, semoga artikel bermanfaat dan selamat membaca.(Nanda)

 

About The Author

Reply