Tata cara adopsi anak dan biayanya

Home » Tata cara adopsi anak dan biayanya

Mom Sharing – Semua orang akan tahu bahwa menjadi sesorang wanita dilahirkan dan dikodratkan menjadi calon ibu, karena naluri ibu penuh dengan kasih sayang dan mempunyai perhatian penuh terhadap anak-anaknya jika mereka tumbuh berkembang dengan seketika.           Namun ketika ibu mengandung dengan cara biologis,     para calon ibu juga bisa memberinya dengan kasih sayang dan merawatinya melewati adopsi.

Tidak dengan cara yang begitu mudah membiarkan anaknya di adopsi, tetapi yang harus ibu ketahui terlebih dahulu yaitu syarat mengadopsi anak berdasarkan    hukum Indonesia. Yaitu sebagaimana yang sudah di tetapkan, cara untuk mengadopsi anak di Indonesia sudah di atur berdasarkan perundang-undang dari Negara. Dengan cara spesifik, dari tata cara yang disebut dengan diatur di dalam undang-undang No.    23 Tahun 2002 yaitu peraturan tentang perlindungan anak (UU perlindungan anak).

Berikut ini adalah tata cara adopsi anak dan biayanya:

  1. Syarat yang terkait dengan orang tua angkat

Bahwasanya undang-undang yang sudah ditulis melalui pasal 39 UU perlindungan anak, dengan tata cara untuk mengadopsi anak yang bisa dipenuhi apabila calon para orang tua angkat telah mengorientasikan sebuah kepentingan yang terbaik untuk anaknya.

Tentu saja jika tolak ukur yag telah di berikan akan fokus untuk kebutuhan masa depan anak yang akan berkaitan erat terhadap kehidupannya yang akan diharapkan untuk kebahagiaan.

 

  1. Syarat yang harus berkaitan dengan satu sama lain antara anak dan orang tua biologisnya

Sebagaimana sudah dijelaskan menurut undang-undang perlindungan anak, tujuan peraturan tersebut secara positif yang akan memperhatikan suatu keadaan psikologi dengan emosi untuk anak agar kedua orang tua tidak memutuskan suatu hubungan dengan orang tua biologisnya.

Tentu dari 6 PP adopsi, sLibraryuatu informasi mengenai orang tua kandung sang anak bisa dilakukan dengan cara memperhatikan kesepian mental.

 

Berapakah biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar pengasuh?

Jika kedua orang tua hendak mengadopsi anak harus mengetahui tentang syarat-syarat yang harus diperhatikan jika ingin mengadopsi anak, dan ingin mengetahui berapa pengeluaran orang tua untuk membayar calon orang tua biologisnya atau disebut dengan pengasuh. Yaitu tidak jauh dengan prosesnya dengan sidang hukum, seperti menyiapkan dokumen yang akan dibutuhkan sebagai tahapan awal yang harus dipersiapkan menyerahkan 6 dokumen dengan kepala dinas. Penuhi syarat-syarat seperti berikut ini:

  1. Calon orang tua harus menyiapkan dokumen seperti dibawah ini:
  • Dokumen pribadi berupa KTP, Kartu Keluarga dan Surat Nikah yang
  • Akta Kelahiran si Calon Anak Angkat
  • Surat Keterangan Cakap Kelakuan (SKCK) dari kepolisian
  • Surat keterangan dari Dokter Ahli Kandungan dari Rumah Sakit Pemerintah untuk Mama yang divonis tidak dapat mengandung anak
  • Surat keterangan pendapatan dari tempat bekerja
  • Surat pernyataan tertulis yang menyatakan syarat terkait tujuan mengadopsi anak
  • Surat Persetujuan dari keluarga Mama yang merupakan WNA di mana surat tersebut harus dilegalisasi oleh Instansi Sosial Negara asal.
  1. Melakukan pengujian kelayakan yang harus dipenuhi orangtua angkat
  2. Mengasuh anak untuk waktu yang sementara
  3. Permintaan permohonan surat dari dinas sosial
  4. Evaluasi yang harus dipertimbangkan oleh kementerian sosial
  5. Tahapan yang terakhir yaitu mengajukan permohonan untuk penetapan oleh pengadilan Negeri yang mana proses adopsi akan dilakukan. Disitulah surat penetapan pengadilan akan disampaikan oleh kementrian sosial untuk pencatatan.

Nah, ternyata dari beberapa proses adopsi dan memiliki waktu yang sangat lama. Karena semua persyaratan tersebut untuk persoalan yang sangat serius agar anak yang di adopsi dijaga dengan baik, mengenai berapa biaya yang akan diberikan itu semua tergantung orang tua anak yang akan membayar gaji orang tua biologis.(Nanda)

 

Scroll to Top