Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil – Setelah menikah hamil adalah moment yang sangat dinantikan oleh pasangan pengantin terlebih lagi bagi seorang wanita. Kehamilan adalah moment yang sangat dinantikan dimana seorang perempuan akan merasa sempurna dengan kehadiran seorang anak, namun dalam proses mengandung para ibu hamil perlu mendapatkan asupan makanan yang akan dikonsumsinya. Hal ini bertujuan untuk mendukung perkembangan janin atau calon bayi di dalam kandungan, asupan gizi yang baik dan cukup akan mempengaruhi kesehatan bayi.

 

Makanan untuk  ibu hamil

Berikut beberapa informasi mengenai makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah:

Brokoli

Ini tidak hanya dikemas dengan nutrisi yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat seperti kalsium dan folat tetapi brokoli juga kaya serat dan antioksidan penangkal penyakit dan karena mengandung banyak vitamin C, brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang kaya zat besi, hal ini  akan membantu Anda untuk memperoleh zat besi ketika dimakan contohnya seperti pasta gandum atau beras merah.

 

Susu dengan kandungan lemak rendah

Tubuh akan menyerap kira-kira dua kali lebih banyak kalsium dari makanan sebelum anda hamil, sehingga kebutuhan harian tetap sama. Jadi anda harus memenuhi kebutuhan tersebut dengan minum lebih banyak susu rendah lemak, hal ini merupakan langkah yang cerdas, agar keseimbangan kalsium anda tetap stabil.

 

Pisang

Pisang kaya akan kalium dan memberikan energi yang sangat cepat dan tepat untuk melawan kelelahan pada saat kehamilan. Hal tersebut akan memperbaiki mood anda jika perut Anda merasa mual, dengan mengkreasikannya sesuai selera anda seperti memakannya pada saat sarapan dan dicampur dengan yogurt, kemudian mencampurnya dengan es, dan lain sebagainya.

 

Daging tanpa lemak

Bagi ibu hamil zat besi sangat dibutuhkan, karena pada saat kehamilan kebutuhan zat besi akan berlipat ganda, jadi penting untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan kaya zat besi.  Seperti daging yang menghasilkan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh Anda.

 

Telur

Banyak wanita tidak menyukai daging saat hamil. Telur adalah sumber protein alternatif yang sangat baik, karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda.

 

Roti Gandum Utuh

Dengan menukar roti putih tradisional Anda dengan varietas gandum utuh, Anda dapat memastikan Anda mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat harian yang direkomendasikan (lihat label untuk menemukan roti yang menawarkan setidaknya 2 gram serat per irisan). Roti gandum juga memasok Anda dengan besi dan seng yang baik.

 

Jeruk

Jeruk  dikemas dengan vitamin C, folat, dan serat, dan karena hampir 90 persen air, jeruk juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian Anda (kurangnya mengkonsumsi cairan,  Anda dapat  merasa lelah).

 

Makanan Kedelai

Sangat aman untuk mengikuti rencana makan vegetarian Anda saat Anda hamil – selama Anda rajin mendapatkan nutrisi yang diperlukan seperti protein.  Jadi pastikan untuk memasukkan makanan seperti tahu, dengan 10 gram protein per setengah cangkir.

 

Daun bawang

Bawang perai adalah sayuran yang setara dengan tablet super multivitamin-mineral. Sumber kalsium nondairy (55 miligram per cangkir), yang sangat penting untuk perkembangan tulang bayi Anda. Plus, kalsium dapat membantu memerangi beberapa gejala umum kehamilan, termasuk lekas marah, susah tidur dan sakit punggung dan kaki. Satu porsi daun bawang juga mengandung hampir 60 mikrogram folat serta 0,2 miligram vitamin B6 (sekitar 10 persen dari RDA Anda), yang diperlukan bagi tubuh Anda untuk memetabolisme energi dari karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan Anda. Ada juga bukti bahwa vitamin B6 dapat membantu meringankan mual di pagi hari.

Dalam satu porsi daun bawang, ada 40 mikrogram vitamin K, 2 mikrogram zat besi, dan 0,4 mikrogram mangan. Vitamin K dibutuhkan untuk pembentukan bekuan darah yang tepat dan pertumbuhan tulang yang sehat; dan mangan membantu mendukung perkembangan kerangka normal pada bayi.(Risma)

About The Author

Reply