Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda – Banyak dari ibu hamil yang kurang memperhatikan pola makan yang sehat, sering kali mengabaikan manfaat memakan buah, padahal asupan buah selama kehamilan sangatlah baik, seharusnya dengan menjaga pola makan yang sebanding dengan kebutuhan tubuh maka akan memberikan efek yang baik pula untuk perkembangan janin, terutama pada ibu hamil muda, hal ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah.

 

Manfaat buah untuk ibu hamil

Dari sekian banyak buah-buahan di dunia terdapat beberapa buah yang baik untuk ibu hamil muda. Berikut jenis dan manfaat  buah-buahan yang baik apabila di konsumsi oleh ibu hamil muda.

  1. Apel

Buah apel adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A,C,D,E serat dan seng, oleh sebab itu buah ini sangat baik bagi ibu hamil muda karena dapat mempercepat pertumbuhan janin., memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat buah apel lainnya yaitu dapat mengurangi risiko asma dan eksim.

  1. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang mudah dicari dan tidak tergolong langka keberadaannya sangat lumrah untuk di Indonesia saat ini karena buah pisang termasuk buah lokal. Buah pisang juga memiliki segudang manfaat yaitu menjaga keseimbangan antara elekrolit dan cairan di dalam tubuh, selain itu pisang juga dapat mengurangi kelelahan dan kram. Di dalam buah pisang juga mengandung potasium, potasium yaitu mineral penting.

  1. Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat, semua orang pasti pernah memakan buah tersebut tapi sangat sedikit yang mengetahui manfaat yang terkandung di dalam buah tersebut salah satunya yaitu itu mengandung vitamin C, B, K, koli, serat, magnesium, folat dan kalium. Sehingga buah tersebut mampu memberikan manfaat bagi ibu hamil muda yaitu dapat meredakan mual, menghilangkan keram kaki, menjaga perkembangan syaraf dan otak pada calon bayi, serta menjaga ibu hamil dari serangan jantung.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin c, float dan air. Manfaat jeruk apabila di konsumsi ibu hamil yaitu dapat mencegah dehidrasi, sedangkan float yang terkandung di dalam jeruk dapat mencegah janin dari kecacatan saraf tulang belakang dan otak. Kemudian vitamin C bertugas sebagai antioksidan yang dapat membantu penyerapan zat besi dan mencegah kerusakan sel.

  1. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C. Kandungan zat gizi pada mangga terkhusus vitamin C dapat membantu melancarkan pencernaan, membebaskan anda dari infeksi ringan dan dapat mengurangi sembelit. Sedangkan pada vitamin A memberikan manfaat dalam menjaga kekebalan tubuh, mencegah diare dan infeksi pernafasan.

  1. Semangka

Buah semangka tidak kalah baiknya dengan buah-buah yang lainnya seperti buah jeruk yang memiliki kandungan air yang cukup baik dan banyak. Semangka juga kaya akan vitamin, magnesium, dan potasium. Manfaat semangka bagi ibu hamil yaitu, dengan kandungan air yang banyak maka bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu yang hamil muda untuk mengurangi kram otot yang sering terjadi ketika trimester akhir.

  1. Anggur

Anggur adalah buah yang mengandung magnesium, folat, dan vitamin lainnya. Manfaat anggur bagi ibu hamil muda yaitu dengan kandungan magnesiumnya dapat mengurangi kram selama kehamilan. Selain itu juga memberikan dampak yang positif pada metabolisme dan pencernaan ibu hamil muda.

  1. Pepaya

Pepaya yang sudah matang atau yang sudah layak untuk konsumsi, pepaya matang kaya akan sumber serat serta vitamin E, juga terdapat kandungan asam folat. Sedangkan pepaya yang masih mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena pepaya yang masih muda mengandung lateks sehingga dapat memicu kontraksi pada rahim. Manfaat buah pepaya bagi ibu hamil yaitu mencegah terjadinya sembelit dan dapat mengendalikan nyeri ulu hati.

  1. Pir

Buah Pir menyediakan banyak nutrisi seperti serat, kalium, folat. Sehingga dengan Mendapatkan banyak serat dalam kehamilan dapat membantu meringankan sembelit, gejala kehamilan yang umum. Kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung bagi ibu hamil muda dan bayi. Ini juga merangsang regenerasi sel.

  1. Jambu biji

Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk orang-orang yang menginginkan lebih dari nutrisi seperti vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, folat. Jambu biji mengandung beragam kombinasi nutrisi, sehingga ideal untuk ibu hamil muda. Makan jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit.

 

Itulah artikel terkait Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda, semoga artikel ini bermanfaat untuk ibu hamil (Risma)

 

Leave a Comment