Apa Itu Contact Naps pada Bayi dan Manfaatnya?

2 min read

manfaat contact naps pada bayi

Sebagai orangtua, Moms pasti menginginkan yang terbaik untuk si bayi, termasuk kualitas tidur yang baik. Nah, salah satu praktik tidur bayi yang semakin populer adalah contact naps atau tidur dengan kontak fisik antara bayi dan orang tuanya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai apa itu contact naps pada bayi, manfaatnya, serta bagaimana melakukan contact naps dengan aman.

Keep scrolling, yuk!

Apa Itu Contact Naps pada Bayi?

Contact naps, atau sering disebut sebagai “tidur kontak” atau “tidur bersama,” adalah praktik tidur di mana bayi tidur bersama dengan salah satu orang tua atau pendampingnya. Ini dapat berarti bayi tidur di pelukan, di gendongan, atau dalam cengkeraman dekat orang tua saat tidur.

Praktik ini berbeda dari tidur bayi dalam tempat tidur terpisah yang mungkin dilakukan di tempat tidur bayi atau tempat tidur berdinding. Contact naps dapat terjadi secara sengaja atau kadang-kadang secara tidak sengaja saat bayi tertidur di gendongan orang tua.

Manfaat Contact Naps saat Bayi Tidur

Tidur bersama bayi dalam kontak fisik dapat memberikan berbagai manfaat, baik untuk bayi maupun orang tua. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari contact naps:

1. Regulasi suhu

Ketika bayi tidur dengan kontak fisik, tubuh mereka terasa lebih hangat dan nyaman. Ini membantu bayi untuk mengatur suhu tubuhnya dengan lebih baik, terutama saat bayi masih terlalu kecil untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri.

2. Perasaan aman

Bayi yang tidur dalam kontak fisik merasa lebih aman dan terlindungi. Mereka dapat merasakan kehadiran orang tua dan merasa nyaman. Ini membantu bayi tidur lebih nyenyak.

3. Menyusui lebih mudah

Jika Moms menyusui, contact naps memudahkan proses menyusui. Bayi dapat dengan mudah menyusui saat mereka tertidur di pelukan ibu, tanpa perlu memindahkan mereka ke tempat tidur terpisah.

4. Menenangkan bayi yang rewel

Contact naps sering digunakan sebagai metode yang efektif untuk menenangkan bayi yang rewel atau mengalami koli. Sentuhan dan suara detak jantung orang tua bisa sangat menenangkan bagi bayi.

5. Membangun koneksi emosional

Tidur bersama dengan bayi memungkinkan Moms untuk membangun ikatan emosional yang kuat dengan mereka. Momen ini bisa menjadi waktu yang penuh cinta dan kedekatan antara orangtua dan bayi.

Contact Naps yang Aman untuk Bayi

Sementara contact naps dapat memiliki manfaat yang signifikan, Moms juga penting untuk memastikan bahwa contact naps dilakukan dengan aman. Berikut ini beberapa panduan penting melakukan contact naps yang aman untuk bayi:

1. Jaga posisi tidur

Pastikan bayi tidur dalam posisi yang aman. Bayi harus selalu diletakkan telungkup saat tidur dan dengan kepala bayi menghadap ke samping untuk menghindari risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

2. Hindari tumpukan benda di tempat tidur

Jangan membiarkan benda-benda seperti selimut berkerut atau bantal di tempat tidur saat bayi tidur bersama Moms. Ini dapat meningkatkan risiko tersedak atau sesak napas.

3. Tidak tidur di sofa atau kursi

Tidur bersama bayi di sofa atau kursi bisa sangat berbahaya. Pasalnya, bayi dapat terperangkap di celah atau tertutup oleh bantal di sekitarnya.

4. Tidak dalam keadaan terpengaruh obat

Selain itu, pastikan Moms tidak tertidur dengan bayi dalam kondisi yang dapat membuat Moms tidak sadar seperti setelah mengonsumsi alkohol atau obat-obatan.

5. Kondisikan lingkungan yang nyaman

Pastikan suhu ruangan nyaman dan ruangan tidak terlalu panas. Gunakan selimut tipis jika perlu agar bayi tidak terlalu dingin.

6. Bekerja sama dengan pasangan

Terakhir, jika Moms tidur bersama dengan pasangan, pastikan untuk bekerja sama dalam merawat bayi dan tidur bergantian agar tidak ada risiko tumpuk.

Kesimpulan

Contact naps dapat menjadi pengalaman yang istimewa dan penuh kasih sayang antara Moms dan si kecil. Namun, keselamatan bayi selalu menjadi prioritas utama. Pastikan Moms selalu mengikuti panduan yang aman saat melakukan contact naps.

Selain itu, ingatlah bahwa setiap bayi berbeda dan mungkin ada saat-saat ketika bayi membutuhkan tidur sendiri di tempat tidur mereka. Jadilah fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan bayi Moms, ya.

Tidur bersama bayi adalah praktik yang intim dan memungkinkan orangtua membangun ikatan yang kuat dengan si kecil. Melakukan contact naps dengan bijak dan aman akan membantu Moms menikmati manfaat dari praktik ini sambil memastikan keselamatan dan kesejahteraan bayi. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang contact naps dan membantu Moms merencanakan tidur bersama bayi dengan bijak.

Artikel ini disusun oleh Momsharing untuk memberikan panduan dan informasi bermanfaat kepada para orangtua. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Moms dan keluarga Moms dalam menerapkan praktik contact naps dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *