Sederet Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Anak

3 min read

manfaat asi eksklusif untuk bayi dan ibu

Menyusui adalah salah satu aspek terpenting dalam perawatan bayi yang baru lahir. ASI eksklusif -praktik memberi ASI (Air Susu Ibu)- menjadi salah satu sumber makanan terbaik selama enam bulan pertama kehidupan bayi.

Selain memberi nutrisi yang esensial, ASI eksklusif juga membawa berbagai manfaat jangka panjang baik bagi bayi maupun ibu. Dalam artikel ini, Moms akan mengetahui apa saja manfaat jangka panjang ASI eksklusif, panduan menjalani ASI eksklusif, dan posisi menyusui yang benar.

Manfaat ASI Eksklusif bagi Anak

Moms, tidak perlu ragu menerapkan ASI eksklusif untuk si kecil. Pasalnya, air susu ibu akan memberikan manfaat optimal bagi tubuh anak dan perkembangan lainnya. Berikut beberapa manfaat ASI eksklusif bagi anak yang perlu Moms ketahui:

1. Nutrisi optimal

ASI eksklusif adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Di dalamnya mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

2. Perlindungan dari penyakit

Menurut berbagai sumber, ASI eksklusif mengandung antibodi dan zat pelindung lainnya yang membantu melindungi bayi dari berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernafasan, diare, dan infeksi telinga. Dengan memberikan ASI eksklusif secara maksimal bagi si kecil, ini menjadi salah satu cara ibu membekali antibodi bayi agar mampu melawan indikasi virus atau penyakit.

3. Perkembangan kognitif yang lebih baik

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang disusui eksklusif oleh ibu selama maksimal dua tahun, cenderung memiliki perkembangan kognitif (otak) yang lebih baik. Hal itu dikarenakan ASI mengandung lemak yang penting untuk perkembangan otak bayi.

4. Hubungan emosional

Moms sepakat, ya, bahwa menyusui adalah saat-saat intim yang memungkinkan bayi dan ibu untuk terhubung secara emosional alias meningkatkan bonding (ikatan). Sentuhan kulit ke kulit saat menyusui membangun hubungan yang kuat antara ibu dan bayi.

5. Sistem kekebalan yang lebih kuat

Manfaat ASI eksklusif bagi anak berikutnya, yaitu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Karena ASI mempromosikan produksi sel-sel kekebalan yang membantu bayi melawan penyakit dan infeksi.

Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu

Buat para Moms, manfaat ASI eksklusif tidak hanya dirasakan oleh anak, tapi juga memberi segudang manfaat bagi ibu menyusui, antara lain:

1. Penurunan risiko penyakit

Manfaat pertama, menyusui dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker pada ibu. Ini karena menyusui membantu mengurangi lemak tubuh dan mempercepat pemulihan pasca-melahirkan.

2. Koneksi emosional

Menyusui adalah momen khusus yang memungkinkan ibu dan bayi untuk membina ikatan yang kuat. Selain itu, membantu melepaskan hormon oksitosin, yang membantu merasa lebih dekat dan menciptakan perasaan damai.

3. Penurunan berat badan

Manfaat ASI eksklusif membantu ibu untuk kehilangan berat badan yang diakumulasikan selama kehamilan. Proses ini membantu ibu merasa lebih baik dan lebih sehat setelah melahirkan.

4. Perlindungan alami

Tahukah Moms, ibu yang menyusui sering merasa lebih tenang karena mengetahui bahwa mereka memberikan perlindungan alami kepada bayi mereka melalui ASI. Ini memberi rasa percaya diri dalam perannya sebagai ibu.

5. Hemat biaya

Bisa dikatakan, ASI adalah pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan makanan bayi yang dibeli. Dengan menyusui secara eksklusif, ibu dapat menghemat uang dan mengurangi biaya pengeluaran sehari-hari untuk membeli susu formula.

Panduan Menjalani ASI Eksklusif

Selama praktiknya, ASI eksklusif memerlukan komitmen dan pemahaman yang mendalam. Berikut adalah panduan singkat untuk membantu ibu dalam menjalani ASI eksklusif dengan sukses:

1. Mulai dini

Mulailah menyusui sesegera mungkin setelah bayi lahir. Ini membantu memicu produksi ASI dan memungkinkan bayi untuk mendapatkan manfaatnya sejak awal.

2. Menyusui sesuai permintaan

Ibu sebaiknya merespons isyarat lapar bayi dan menyusui sesuai permintaan. Ini membantu mempertahankan pasokan ASI yang cukup.

3. Perhatikan posisi menyusui

Pastikan Moms menggunakan posisi menyusui yang benar, ya. Termasuk memastikan bayi dapat mengunci bibir dengan baik dan mencapai payudara dengan nyaman. Juga, pastikan posisi menyusui tidak menyebabkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan.

4. Makan dengan sehat dan cukup Minum

Tidak ketinggalan, Moms perlu menjaga asupan makanan yang sehat dan cukup minum air untuk mempertahankan pasokan ASI yang baik.

5. Dukungan dari ahli kesehatan

Jika Moms menghadapi masalah dengan menyusui, jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan atau penasihat laktasi. Mereka dapat memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan.

Posisi Menyusui yang Benar

Setelah mengetahui manfaat ASI eksklusif bagi ibu dan anak, serta panduan menjalani ASI eksklusif, Moms juga penting mengetahui posisi menyusui yang benar. Hal ini merupakan salah satu kunci untuk kenyamanan ibu dan bayi saat menyusui. Berikut adalah beberapa posisi menyusui yang umum diterapkan:

1. Posisi Cradle Hold

Dalam posisi ini, ibu mendukung kepala bayi dengan satu tangan dan tubuh bayi bersandar di lengan ibu yang lain. Bayi harus menghadap ibu.

2. Posisi Cross-Cradle Hold

Sementara itu, posisi cross-cradle hold memposisikan bayi di depan ibu dengan satu lengan ibu mengikuti leher bayi, dan lengan ibu yang lain mendukung punggung bayi.

3. Posisi Football Hold

Untuk posisi ini, ibu menyusui bayi seperti memegang bola sepak, dengan bayi di samping tubuh ibu dan kepala bayi di telapak tangan ibu. Posisi ini bisa berguna jika ibu memiliki payudara yang besar atau jika bayi prematur.

4. Posisi Side-Lying

Terakhir, ada namanya posisi side-lying. Sesuai namanya, ibu berbaring di sisi mereka dengan bayi yang juga berbaring menghadap ibu. Posisi ini cocok untuk menyusui di malam hari dan memudahkan ibu untuk beristirahat.

Kesimpulan

ASI eksklusif adalah langkah penting dalam memberikan nutrisi dan perlindungan terbaik bagi bayi Moms. Ini juga membawa manfaat jangka panjang bagi kesehatan dan hubungan emosional Moms sebagai ibu. Agar sukses menjalani fase ASI eksklusif, penting untuk memahami manfaatnya, mengikuti panduan yang tepat, dan memahami posisi menyusui yang benar. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna dan mendukung Moms dalam perjalanan menyusui si kecil, ya.

Artikel ini disusun oleh Momsharing untuk memberikan panduan dan informasi bermanfaat kepada para orangtua. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Moms dalam memberikan ASI eksklusif untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *