Tips Dekorasi Rumah yang Terjangkau untuk Hunian Impian

2 min read

ide dekorasi rumah yang terjangkau

Ingin mendekorasi rumah? Tenang Moms, ada banyak tips dekorasi rumah yang tidak perlu menguras kantong banyak. Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan, Moms sudah dapat menciptakan ruang yang indah tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Dalam artikel ini, Momsharing akan berbagi beberapa tips dekorasi rumah yang terjangkau yang akan membantu Moms mengubah rumah impian menjadi tempat yang lebih menarik dan nyaman tanpa merusak anggaran. Keep scrolling, yuk!

Ide Dekorasi Interior

Dekorasi interior adalah cara yang bagus untuk memberikan sentuhan pribadi pada rumah Moms. Berikut beberapa ide dekorasi interior yang terjangkau:

1. Cat Ulang Dinding

Salah satu cara termudah dan paling terjangkau untuk mengubah suasana dalam ruangan adalah dengan mengganti warna cat dinding. Moms dapat melakukannya sendiri dengan peralatan sederhana dan sedikit usaha.

2. Galeri Foto atau Lukisan Dinding

Buat galeri foto dengan bingkai yang terbuat dari bahan bekas atau murah. Moms juga bisa mencetak foto-foto pribadi keluarga dalam format besar untuk menciptakan sentuhan pribadi pada ruangan.

3. Pencahayaan yang Berbeda

Ganti lampu langit-langit atau lampu samping dengan desain yang lebih menarik. Moms juga dapat menambahkan lampu meja atau lampu lantai untuk menciptakan suasana yang berbeda.

4. Perabotan Terbaru

Moms tidak perlu mengganti semua perabotan di rumah. Coba ganti hanya beberapa item seperti sofa atau meja kopi. Selain itu, Moms dapat menemukan perabotan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau di toko-toko secondhand atau saat ada diskon.

5. Tanaman Hias

Tanaman hias adalah cara yang bagus untuk memberikan kesegaran pada ruangan. Mereka tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih indah, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara.

Renovasi Rumah yang Terjangkau

Renovasi rumah mungkin terdengar mahal, tetapi ada beberapa proyek yang dapat Moms lakukan dengan anggaran terbatas. Berikut beberapa ide untuk renovasi rumah yang terjangkau:

1. Pembaruan Dapur

Moms dapat memberikan sentuhan segar pada dapur dengan mengganti ubin backsplash atau mengecat ulang kabinet. Jika Moms memiliki anggaran yang lebih besar, tidak ada salahnya pertimbangkan untuk mengganti peralatan dapur yang sudah uzur (tua) dengan yang lebih efisien energi.

2. Pembaruan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu area yang sering diperbarui. Moms mungkin bisa mengganti wastafel, kloset, atau aksesori kamar mandi dengan yang lebih baru dan modern. Pilih perabotan kamar mandi yang hemat air untuk mengurangi biaya air.

3. Pengecatan Eksterior

Jika eksterior rumah Moms membutuhkan peremajaan, tipsnya bisa dengan melakukan pengecatan ulang untuk memberikan tampilan yang segar. Moms juga dapat menambahkan tanaman hias di depan rumah untuk memberikan sentuhan eksterior yang menarik.

4. Penggantian Lantai

Di samping itu, lantai lama rumah yang sudah aus atau rusak, bisa dipertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Bisa dengan memilih opsi lantai yang lebih terjangkau seperti vinyl atau laminasi.

5. Isolasi Lebih Baik

Sementara jika rumah memiliki masalah dengan isolasi, coba gantilah dengan jendela atau menambahkan isolasi tambahan. Meskipun ini mungkin memerlukan biaya awal, itu dapat menghemat uang dalam jangka panjang melalui efisiensi energi.

DIY (Do It Yourself) Dekorasi Rumah

Nah, melakukan sendiri proyek dekorasi rumah adalah cara hebat untuk menghemat uang, loh, Moms. Berikut beberapa proyek DIY dekorasi rumah yang dapat dicoba:

1. Membuat Dekorasi Dinding Sendiri

Buatlah lukisan abstrak atau dinding galeri dengan karya seni Moms sendiri. Tidak perlu menjadi seniman berbakat, cukup berkreasi sesuai selera Moms saja.

2. Membuat Bantalan dan Bantal Sendiri

Dengan sedikit pengetahuan menjahit, Moms dapat membuat bantalan dan bantal dengan kain yang dipilih sendiri. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk mengubah tampilan sofa atau kursi.

3. Restorasi Perabotan Tua

Apabila Moms memiliki perabotan lama yang terdapat di gudang atau garasi, pertimbangkan untuk merestorasinya. Tips ini akan menjadi proyek yang bisa menjadi hobi memuaskan dan menghasilkan perabotan yang unik.

4. Penggunaan Kembali Barang Bekas

Selain itu, Moms bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang dapat diubah menjadi dekorasi rumah yang menarik. Misalnya, tangga kayu bekas dapat menjadi rak dinding yang unik.

5. Membuat Karya Seni Dinding dari Barang Bekas

Atau, gunakan barang-barang bekas, seperti kayu palet atau papan tua untuk membuat karya seni dinding yang unik. Ini adalah cara yang bagus untuk memberikan sentuhan kreatif pada rumah Moms.

Kesimpulan

So, Moms tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendekorasi atau merenovasi rumah. Dengan mengikuti tips dekorasi rumah yang terjangkau di atas, Moms dapat menciptakan ruang yang indah dan nyaman tanpa merusak anggaran. Yang penting, ingat bahwa dekorasi rumah adalah cara untuk mengungkapkan kepribadian Moms, jadi biarkan kreativitas Moms bersinar dalam setiap proyek yang dilakukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *